YLBHI: Nawacita Jokowi hanya Fokus di Infrastruktur - RILIS.ID
YLBHI: Nawacita Jokowi hanya Fokus di Infrastruktur

Kamis | 21/12/2017 13.32 WIB
YLBHI: Nawacita Jokowi hanya Fokus di Infrastruktur
Direktur YLBHI Asfinawati. FOTO: RILIS.ID/Taufiq Saiffudin.

RILIS.ID, Jakarta— Direktur YLBHI Asfinawati mengatakan, berbicara pembangunan ada dua aspek yang harus dipenuhi. Pertama, manusianya dan kedua adalah lingkungannya.

Menurutnya, hal itu tidak muncul dalam pola pembangunan Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Padahal dalam konsep Nawacita yang ditawarkan, pola pembangunan sebenarnya sudah cukup maksimal.

"Nawacita kan sudah sangat baik  menjelaskan, pembangunan tidak hanya fisik tapi juga manusia. Tapi kan kenyataannya pembangunan hampir keseluruhan secara fisik saja," kata Asfin, sapaan akrabnya, kepada rilis.id, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Sehingga, lanjutnya, berbicara mengenai pembangunan infrastruktur, publik harus bertanya, siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan. Di sini lah pentingnya hak rakyat atas pembangunan itu harus diberikan.

"Kesempatan itu yang masyarakat diberikan waktu dong untuk memberi pandangannya. Apakah mereka mau jalan tol atau taman di depan rumahnya. Sekarang kan itu tidak terjadi," papar Asfin penuh nada protes.

Lebih jauh Asfin berpendapat, pembangunan yang dikembangkan pemerintah saat ini, secara konsep hanya mengacu pada pertumbuhan dan bukan pemerataan. 

"Pertumbuhan itu diasumsikan akan ada yang menetes ke bawah, padahal tidak. Karena pemerataan memang tidak ada," tukasnya.


Tags
#YLBHI
#LBH
#Jakarta
#Jokowi
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID