logo rilis
Vaksin Flu Bisa Cegah Inveksi Virus Corona? Ternyata...
Kontributor
Elvi R
27 Maret 2020, 19:30 WIB
Vaksin Flu Bisa Cegah Inveksi Virus Corona? Ternyata...
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Belakangan, vaksin flu diburu oleh masyarakat Indonesia. Karena, sebagian dari mereka percaya, vaksin flu mampu menangkal infeksi virus corona (COVID-19).

Sebetulnya, benarkah vaksin flu biasa mampu mencegah penularan COVID-19? Berikut penjelasannya.

Dilansir dari laman Alodokter.com ternyata, meski sekilas gejala infeksi COVID-19 tampak mirip dengan gejala penyakit flu. Namun, bukan berarti pemberian vaksin flu juga efektif untuk mencegah COVID-19. Pasalnya, kedua penyakit ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda, sehingga membutuhkan vaksin yang berbeda pula untuk mencegahnya.

Pada dasarnya, vaksin flu dirancang untuk menurunkan risiko infeksi virus penyebab flu musiman. Kendati demikian, individu yang telah menjalani vaksin flu tetap mendapatkan manfaat. Yakni menurunkan risiko gejala yang parah. Kenapa?

Karena, gejala yang disebabkan oleh virus corona bisa bervariasi dari ringan hingga parah dan menyebabkan kematian. Semakin lemah daya tubuh seseorang, semakin besar kemungkinan gejala COVID-19 menjadi parah.

Jika seseorang menderita flu, maka daya tahan tubuhnya akan lebih lemah dibandingkan ketika ia dalam kondisi sehat. Bila pada saat yang sama orang tersebut terinfeksi virus corona, kemampuan tubuhnya untuk menghalau virus ini menjadi berkurang dan infeksi bisa berkembang menjadi parah.

Sehingga, jika seseorang mampu menangkal flu musiman, maka individu tersebut mampu mempertahankan daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, vaksin ini sebatas mencegah COVID-19 menjadi parah.

Meski sudah mendapatkan vaksin flu sebaiknya kita tetap melakukan hal ini.


1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makanan sehat, seperti sayur, buah, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, serta menjauhi asap rokok dan minuman beralkohol. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral sesuai anjuran dokter, terutama bila asupan nutrisi dari makanan saja tidak cukup.

2. Mencuci tangan dengan benar
Mencuci tangan dengan benar merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

Jika Anda sedang dalam perjalanan dan sulit untuk menemukan air dan sabun, bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membasmi kuman.

3. Menjaga jarak dengan orang lain
Anda juga disarankan untuk melakukan social distancing dengan cara menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh 1 meter. Selain itu, sebisa mungkin hindari kerumunan orang dan kurangi bepergian ke luar rumah bila tidak terlalu penting. Tindakan ini dapat mencegah penyebaran COVID-19.

4. Menggunakan masker saat sakit
Bila Anda sedang sakit, gunakanlah masker. Penggunaan masker mampu menghalangi penularan virus Corona dari orang ke orang. Pasalnya, seseorang yang telah terinfeksi virus Corona bisa menularkan virus ini ke orang lain melalui percikan air liur saat batuk ataupun bersin.

Pemberian vaksin flu untuk virus Corona tidaklah efektif. Mengingat belum ditemukannya vaksin virus Corona, Anda disarankan untuk terus melakukan langkah-langkah pencegahan di atas. Bila Anda sakit, hindari berpergian keluar rumah kecuali untuk memeriksakan diri ke dokter




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID