logo rilis
UTBK dan SBMPTN Tahun Ini Berbeda, Begini Tata Cara Pendaftarannya...
Kontributor
Elvi R
01 Juni 2020, 16:29 WIB
UTBK dan SBMPTN Tahun Ini Berbeda, Begini Tata Cara Pendaftarannya...
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Di tengah pandemi COVID-19 ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), menerapkan sejumlah penyesuaian kebijakan.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo menjelaskan, beberapa aturan baru tersebut. Salah satunya adalah menggabungkan antara pendaftaran UTBK dengan SBMPTN. Untuk itu, alur pendaftaraan UTBK dan SBMPTN juga perlu diperhatikan peserta.

1. Daftar lewat SSO

Peserta diharuskan mendaftar UTBK terlebih dahulu melalui laman portal (SSO). Selanjutnya peserta langsung memilih satu di antara 74 pusat pelaksanaan UTBK-SBMPTN terdekat, lalu melakukan pembayaran melalui bank mitra, baru setelah itu mendapatkan nomor peserta.

2. Langsung daftar SBMPTN dan pilih prodi

Setelah mendaftar UTBK, peserta dipersilakan langsung mendaftar SBMPTN, memilih prodi, mengunggah portofolio (apabila disyaratkan oleh prodi). Kemudian peserta diminta melakukan konfirmasi dan simpan permanen, Setelahnya, baru mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN.

3. Tes pakai model TPS

Budi juga meminta peserta sudah melatih diri dengan soal-soal model Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk pelaksanaan ujian pada 5-12 Juli 2020. 

"Dengan model soal TPS, LTMPT ingin mengukur sejauh mana kemampuan kognitif peserta," katanya.

4. Dalam TPS tersebut soal dibagi dalam empat sub tes

Mulai dari kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Info lengkap UTBK SBMPTN dapat diakses pada laman ltmpt.ac.id/ . Mulai dari pendaftaran, persyaratan, jadwal, hingga pengumuman disediakan pada laman tersebut.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID