Uji Kelayakan dan Kepatuhan Calon Gubernur BI, DPR: Lebih Cepat Lebih Bagus - RILIS.ID
Uji Kelayakan dan Kepatuhan Calon Gubernur BI, DPR: Lebih Cepat Lebih Bagus
Nailin In Saroh
Senin | 05/03/2018 16.17 WIB
Uji Kelayakan dan Kepatuhan Calon Gubernur BI, DPR: Lebih Cepat Lebih Bagus
FOTO: RILIS.ID/ Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan, Perry Warjiyo menjadi satu-satunya nama yang tertulis disurat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagi calon Gubernur Bank Indonesia (BI). Selanjutnya, lembaga dewan akan melakukan uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test bagi pria yang saat ini menjabat Deputi Gubernur BI..

"Presiden menyampaikan, hanya satu nama (calon Gubernur BI) yaitu saudara Perry, untuk dilanjutkan dengan mekanisme DPR," ujar Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Namun, mengenai waktu pelaksanaanfit and proper test , Bambang mengatakan akan dibahas pada rapat pimpinan terlebih dulu. Sebab, mekanisme tersebut berada di Komisi XI selaku mitra kerja. 

"Kami agendakan besok akan gelar rapat Bamus (Badan Musyawarah) untuk menentukan waktu fit and proper test. Lebih cepat lebih bagus," jelas dia.

Sementara, terkait tiga nama calon Deputi Gubernur BI yang akan menggantikan Perry Warjiyo, nantinya akan ditindaklanjuti saat uji kelayakan dan kepatuhan. Pihaknya juga menyerahkan mekanisme ke Komisi XI, apakah mendahulukan Deputi atau Gubernur BI. 

"Kadang politik tak berurutan. Kami serahkan kepada mekanisme yang ada di Komisi XI," beber Politisi Golkar ini.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID