Toilet Umum Berisiko Jadi Tempat Penyebaran COVID-19, Begini Cara Mencegahnya - RILIS.ID
Toilet Umum Berisiko Jadi Tempat Penyebaran COVID-19, Begini Cara Mencegahnya
Zulhamdi Yahmin
Kamis | 18/06/2020 14.00 WIB
Toilet Umum Berisiko Jadi Tempat Penyebaran COVID-19, Begini Cara Mencegahnya
ILUSTRASI FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Toilet umum disebut-sebut bisa menjadi tempat penyebaran virus corona atau COVID-19. Berdasarkan studi yang dilansir dari Medical Daily pada Rabu (17/6), pembilasan toilet berisiko membawa droplet yang berpotensi mengandung virus tersebut melayang hingga 3 kaki atau sekitar 91 sentimeter.

Namun, ada salah satu langkah yang disebut bisa menghindari potensi penyebaran COVID-19 di toilet umum, yakni dengan menutup terlebih dulu kloset sebelum menyiramnya atau menekan tombol siram atau flush.

Selain melalui tetesan udara, virus COVID-19 juga bisa menular lewat partikel kotoran dari orang yang terinfeksi. Sehingga, mencegah risiko tertular penting untuk dilakukan saat berada di toilet umum. 

"Seseorang dapat memprediksi kecepatannya (penularan) akan lebih tinggi ketika toilet sering digunakan," kata Ji-Xiang Wang, rekan penulis penelitian yang meneliti dinamika fluida di Universitas Yangzhou, Cina.

Dalam melakukan studi, para peneliti menggunakan model dinamika fluida agar dapat melacak pergerakan tetesan setelah seseorang menekan tombol siram atau flush di toilet.

Menurut peneliti, menyiram kloset bisa menciptakan turbulensi kecil yang mengubah aliran udara dan menghasilkan pusaran yang terus naik ke udara melalui inersia. Sehingga, menutup closet sebelum menyiram adalah langkah yang perlu dilakukan. 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID