Tips Tak Mudah Haus, Coba Hindari Makanan Ini saat Sahur - RILIS.ID
Tips Tak Mudah Haus, Coba Hindari Makanan Ini saat Sahur
Ibrahim
Rabu | 23/05/2018 18.01 WIB
Tips Tak Mudah Haus, Coba Hindari Makanan Ini saat Sahur

RILIS.ID, Jakarta – Saat Ramadan, tubuh akan rentan mengalami dehidrasi. Tak sekadar ditandai dengan 'rasa haus' tubuh yang dehidrasi juga ditandai dengan kulit kering, serta tubuh yang melemas.

Menu sahur tentunya sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Agar tidak dehidrasi saat sahur, Dr. Ariana Suryadewi Soejanto, M.Biomed memberikan tips untuk Anda.

“Makanlah makanan yang sehat, dan sebisa mungkin kurangi gorengan. Gorengan akan membuat seseorang makin haus,” ujarnya seperti dikutip dari VIVA di kawasan Kemang Jakarta Selatan.

Meskipun gorengan selalu menjadi primadona di waktu sahur dan berbuka, namun pada kenyataannya gorengan tidak baik jika dikonsumsi terus-menerus. Kandungan minyak yang berlebihan membuat tubuh semakin membutuhkan air pada siang hari. 

“Walaupun pas sahurnya sudah kenyang (karna makan gorengan) tapi karna kandungan minyaknya yang tinggi jadi kebutuhan airnya pada siang hari jadi lebih banyak. Jadinya lebih baik kita kurangi konsumsi gorengan saat sahur,” ungkapnya.

Selain sahur, ternyata gorengan juga kurang baik jika dikonsumsi saat berbuka puasa. “Kalau berbuka puasa gorengannya juga dikurangi. Jadi,  lebih baik konsumsi makanan yang direbus, ya tapi faktanya itu susah kalau bulan puasa itu agak sulit,” ujarnya menjelaskan.

Ia pun menambahkan, “Jadi, Gorengan, kolesterol, makanan terlalu manis perlu dihindari, dikurangin. Makanan yang cukup memberikan energi bisa ditambahkan, tapi jangan terlalu banyak porsinya, kalau banyak makan nanti malah enggak bagus untuk kesehatan.” 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID