logo rilis
Tips HP Terkena Banjir, Hindari Hal Berikut agar Tidak Rusak
Kontributor
Kalbi Rikardo
20 Februari 2021, 12:14 WIB
Tips HP Terkena Banjir, Hindari Hal Berikut agar Tidak Rusak
Ilustasi HP, Foto: RILIS.ID/ Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Jakarta— Berupaya menyelamatkan HP yang terkena air bahkan sampai terendam, ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak menimbulkan kerusakan yang fatal. Jangan menunggu lama dan segera amankan perangkat.

Untuk mencegah masalah yang timbul jika HP terkena banjir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mecegah kerusakan lebih lanjut.

Berikut tips yang harus dilakukan seperti yang dirangkum RILIS.ID dari beberapa sumber, Sabtu (20/2/2021) agar HP tidak rusak jika terkena banjir.

1. Jangan nyalakan HP

Jika HP basah terkena air, jangan nyalakan. Besar kemungkinan HP yang tercebur dalam kondisi menyala sangat rentan terjadinya konsleting. Saat hal itu terjadi maka segera ambil HP dan langsung tekan tombol power untuk mematikan.

Baca: Cara Mencegah Anggota Grup WhatsApp Mengganti Subjek, Ikon dan Deskripsi

2. Keringkan HP

Hindari mengeringkan HP dengan menjemur dibawah sinar matahari ataupun mengeringkannya menggunakan hairdrayer. Kedua cara ini bisa meningkatkan risiko kerusakan komponen penting HP.

Jangan menggoyang-goyangkan HP, hal ini malah akan menimbukan masuknya air ke hardware sehingga membuat fungsi HP makin terancam.

Lakukan hal ini untuk mengeringkan air yang masuk kedalam ponsel. Rendam HP di dalam beras, ini merupakan cara paling ampuh. Selain di beras bisa juga silica gel, dengan cara meletakan HP di tumpukan silica gel dan diamkan selama 2-3 hari.

Selain itu bisa juga gunakan Vacuum Cleaner USB untuk mengeluarkan air dari HP.

Baca: Bisakah Nomor WhatsApp Dibajak?

3. Selamatkan baterai dan LCD

Baterai dan LCD merupakan komponen penting yang paling sensitif dengan kehadiran air. Keringkan baterai dengan menggukan kipas hingga bersih dan kering, lalu bersihkan bagian LCD.

Akan tetapi, apabila tidak yakin untuk melakukan dengan baik dan benar maka percayakan HP untuk diservis di tempat resmi bisa jadi solusi terbaik agar HP bisa digunakan kembali. (*)

Lihat juga video menarik lainnya:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID