logo rilis
Ternyata, Begini Cara Pakai Masker Kain yang Benar
Kontributor
Elvi R
31 Maret 2020, 18:00 WIB
Ternyata, Begini Cara Pakai Masker Kain yang Benar
Pembuatan APD. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— Kelangkaan masker bedah, N95, N99 dan lainnya membuat masyarakat cukup kebingungan. Pasalnya, masker direkomendasikan untuk pencegahan penularan virus corona (COVID-19).

Saat ini, masyarakat memilih menggunakan masker kain untuk pencegahan penularan COVID-19 bila di luar rumah. Namun, bagaimana si cara menggunakan masker kain yang benar?

Menurut peneliti dari University of Cambridge di Inggris, Anna Davies, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan masker kain.

1. Masker kain harus dikenakan pada permukaan sisi yang sama. Artinya, masyarakat harus menandai bagian sisi dan luar sehingga tidak tertukar saat memakainya.

2. Cuci masker ketika sudah dipakai dan jika memungkinkan cuci dengan mesin. Anjuran ini ditujukan agar sisa partikel flu hilang dan tidak mencemari sisi lain.

3. Jangan pegang bagian luar atau dalam masker. Anda bisa memegang tali masker dan mengaitkannya ke telinga anda.

4. Ketika melepas, tarik bagian belakang ke depan dan jangan sentuh bagian depan masker.

Anna mengingatkan, masker kain hanya sebagai upaya terakhir mencegah penularan COVID-19 melalui droplet (partikel kecil dari mulut dan hidung orang yang terinfeksi. Namun, memakai masker kain lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Hal ini juga diutarakan oleh Sekretaris Kesehatan Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) Rachel Levine mengatakan dalam bahwa mengenakan masker kain adalah lebih baik daripada tidak sama sekali. Namun, ia menyebut masker kain tidak cocok untuk dikenakan oleh petugas kesehatan. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID