logo rilis
Ternyata Bayi Jangan Banyak Makan Sayur dan Buah, Ini Alasannya...
Kontributor
Tari Oktaviani
08 Januari 2020, 13:02 WIB
Ternyata Bayi Jangan Banyak Makan Sayur dan Buah, Ini Alasannya...
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ketika si kecil mulai memasuki masa mpasi tentu menjadi penyemangat bagi orang tua. Menu-menu bergizi pun turut disiapkan, salah satunya yakni sayuran. 

Meski begitu, di era saat ini rupanya masih banyak yang salah kaprah. Banyak orang tua lebih memilih memperbanyak porsi sayuran dan buah-buahan untuk si bayi. Bahkan tak sedikit yang memilih menu sayuran atau buah saja untuk makanan utama bayi. 

Tahukah kamu bahwa ternyata bayi tidak memerlukan banyak sayur dan buah yang berlebih. Dengan kata lain, sayur dan buah diperlukan hanya sebagai pelengkap. 

Menurut dokter Tiwi, Spa dalam wawancaranya bersama artis Tya Ariestya di akun youtubenya, sayur berlebih yang diberikan kepada bayi justru akan menyebabkan sembelit. Pasalnya, sayur dan buah mengandung tinggi serat.

"Sayur itu banyak zat besinya, tapi sayur belum bisa dicerna oleh pencernaan bayi. Seringkali malah sayur itu menjadi sumber masalah, karena sayur itu serat," Ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh dokter Kanya Ayu Paramastri, Sp.A. Ia mengatakan bahwa mpasi yang baik harus mengandung menu 4 kuadran yakni 40 persen karbohidrat, 40 persen lemak dan 20 persen protei hewani. 

Menurutnya untuk bayi dibawah usia satu tahun hanya perlu sayur sedikit saja. Sebab, sayur hanya sebagai perkenalan. Ia menyebut jika memberikan sayur dengan porsi yang lebih banyak daripada protein hewaninya (daging, ikan, ayam, telur, dll) maka justru akan menghambat penyerapan nutrisinya.

"Sayur, serat dan protein nabati mengandung antinutrient yang malah menghambat penyerapan nutrisi penting yang ada di protein hewani," Ujarnya dalam akun instagramnya.

"Sayur, buah dan protein nabati tinggi serat ususnya kerja keras, belum biasa, bikin sembelit," sambungnya.

Persepsi perbanyak makan sayur dan buah supaya sehat bagi bayi pun perlu untuk diubah. Pasalnya masih banyak orang tua yang justru memberikan mpasi kepada anaknya hanya dari sayur mayur dan buah saja. Padahal yang mereka butuhkan lebih banyak justru menu seimbang lengkap dengan protein hewaninya.

"Sayur boleh dikasih dikit saja misal wortel potongan dua jari atau brokoli dua kuntum, atau bayem 10-15 lembar aja" ungkapnya




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID