logo rilis
Terima Dubes Jepang, Bamsoet: Pasar Kendaraan Listrik Dunia Harus Dikuasai
Kontributor
Rilis
16 Februari 2021, 17:53 WIB
Terima Dubes Jepang, Bamsoet: Pasar Kendaraan Listrik Dunia Harus Dikuasai
Foto: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak perusahaan otomotif asal Jepang menanamkan investasi untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat menerima Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Senin (15/2/21).

Bambang berharap Jepang bisa meramaikan pasar kendaraan listrik dunia, yang saat ini baru dikuasai Amerika Serikat (Tesla), China (Wuling), dan Korea Selatan (Hyundai).

“Masyarakat Indonesia yang familiar dengan produk Jepang, sudah tak sabar menunggu lahirnya kendaraan listrik dari Jepang. Kerjasama otomotif kedua negara selama ini menjadi modal besar untuk meningkatkan kerjasama otomotif di bidang kendaraan listrik,” ungkap Bambang.

Selain memiliki potensi pasar sebanyak 270 juta lebih penduduk Indonesia, kendaraan listrik hasil kerjasama Jepang dengan Indonesia juga bisa diekspor ke 625 juta penduduk ASEAN, maupun 4,5 miliar penduduk Asia.

Bambang juga menjelaskan, ekspor kendaraan listrik yang dihasilkan Indonesia dengan Jepang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Mengingat kedua negara sudah bekerjasama mengembangkan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, sebagai terminal ekspor kendaraan otomotif asal Indonesia.

“Melalui total investasi mencapai Rp50 triliun, Pelabuhan Patimban merupakan modal besar bagi Indonesia dan Jepang dalam menghadapi ASEAN Connectivity 2025. Dari Indonesia, didukung kerjasama dengan Jepang, pasar otomotif Asia, bahkan dunia harus bisa kita kuasai bersama,” harap Bamsoet, panggilan akrabnya.(*)

 

Editor: Andry Kurniawan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID