logo rilis
Sultan HB X Akhirnya Angkat Suara soal Polemik Keaslian Keris Pangeran Diponegoro
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
12 Maret 2020, 17:34 WIB
Sultan HB X Akhirnya Angkat Suara soal Polemik Keaslian Keris Pangeran Diponegoro
FOTO: Antara

RILIS.ID, Yogyakarta— Raja Keraton Yogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, angkat suara terkait polemik keaslian Keris Pangeran Diponegoro yang dikembalikan oleh Belanda ke Indonesia. Sultan mengaku, dirinya tidak bisa menilai keaslian keris tersebut.

"Enggak tahu aku. Aku kan ora nompo (saya kan tidak menerima)," kata Sultan usai menerima kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti di Keraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020).

Namun Sultan berharap, setelah mengembalikan keris milik Pangeran Diponegoro, Kerajaan Belanda juga bersedia mengembalikan naskah-naskah kuno atau manuskrip Indonesia ke Tanah Air.

"Kalau bisa jangan hanya itu, tapi naskah-naskah yang lain mungkin juga memungkinkan (dikembalikan) atau barang-barang yang lain," ujarnya. 

Menurut Sultan, naskah-naskah kuno peninggalan sejarah Nusantara juga memiliki nilai tersendiri bagi bangsa Indonesia, seperti halnya dengan keris Pangeran Diponegoro. 

"Seperti keris kan bagi orang Jawa itu punya nilai," ungkap Sultan. 

Sultan sendiri mengaku tidak tahu persis daftar naskah-naskah kuno yang saat ini ada di pihak Kerajaan Belanda.

"Kita enggak tahu persis ya, kami enggak punya data itu," katanya. 

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu juga mengaku tidak membicarakan hal ini secara khusus saat menerima kunjungan Raja dan Ratu Belanda itu.

"Tidak bicara sampai di situ," kata dia.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID