logo rilis
Sukacita Datangnya Ramadan, TKI di Hong Kong Ikuti Kirab
Kontributor
Ning Triasih
07 Mei 2018, 17:15 WIB
Sukacita Datangnya Ramadan, TKI di Hong Kong Ikuti Kirab
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Shanghai— Datangnya bulan suci Ramadan tak hanya disambut gembira umat Muslim di Indonesia, tapi juga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong, China.

Ya, jelang Ramadan, sekitar dua ribu TKI dari 70 majelis taklim muslimat di Hong Kong mengikuti kirab, Minggu (6/5) kemarin. 

Dalam kegiatan pawai yang digelar Dompet Dhuafa Hong Kong ini, para TKI berjalan beriringan sembari selawatan dari North Point Ferry Pier menuju City Hall yang berjarak sekitar empat kilometer.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada otoritas Hong Kong yang sudah memberi izin dan membantu pengamanan pawai," kata Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong, Tri Tharyat, dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari ANTARA, Senin (7/5/2018).

Tri Hidayat dalam keterangannya mengatakan, Hong Kong sangat toleran dan terbuka terhadap budaya asing. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya Kirab Ramadhan yang telah berlangsung sejak 2013.

Pihak otoritas setempat tak mempermasalahkan dan mengizinkan adanya kirab sambut Ramadan, meski Islam merupakan agama minoritas di Hong Kong. Mereka tetap menghargai dan menghormati umat Muslim dalam beribadah dan merayakan hari raya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Usai pawai sembari bersalawat, acara kirab kemudian ditutup dengan pertunjukan kesenian angklung, biola dan kasidah oleh kalangan TKI Hong Kong yang mayoritas perempuan. Menariknya, sepanjang pawai, baik warga lokal maupun turis asing, ikut menyaksikan dan mengabadikannya lewat foto kegiatan pawai TKI tersebut.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID