Soal 'Kartu Kuning', Mendagri: Sah Saja Asalkan... - RILIS.ID
Soal 'Kartu Kuning', Mendagri: Sah Saja Asalkan...

Minggu | 04/02/2018 01.05 WIB
Soal 'Kartu Kuning', Mendagri: Sah Saja Asalkan...
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: Humas Kemendagri.

RILIS.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai perilaku mahasiswa BEM UI yang memberikan "kartu kuning" terhadap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sangat tidak elok.

"Kalau mau unjuk rasa menyampaikan aspirasi sah saja, tapi harusnya di luar tempat acara resmi," kata Tjahjo dalam pesan singkatnya, Sabtu (3/2/2018).

Menjadi salah kalau aksi protes tersebut malah dilakukan di tempat acara tersebut. Menurutnya, mahasiswa tersebut sama saja tidak menghormati tamu dan acara resmi kampus.

"Tindakan seorang mahasiswa UI yang demonstratif sangat tidak menghormati acara resmi UI," tambahnya.

Bahkan, lebih parah lagi, tidak menghormati Presiden RI yang hadir untuk memberikan penghormatan kepada keluarga besar UI. Meski, kritik diakuinya memang menjadi hak setiap mahasiswa.

"Kritik adalah hak mereka sebagai mahasiswa yang harus kritis, obyektif dan konstruktif," ujar dia.

Aksi "kartu kuning" dilakukan oleh Ketua BEM UI Zaadit Taqwa saat Presiden menghadiri undangan Dies Natalis UI ke-68 pada Jumat (3/2/2017) kemarin.

Menurut Zadit, unjuk rasa tersebut merupakan peringatan kepada Presiden RI Jokowi yang sampai saat ini belum mampu menyelesaikan kasus gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

Selain itu, ia juga memprotes persoalan dwifungsi TNI-Polri, karena diwacanakan menempati posisi penjabat gubernur di Jawa Barat (Jabar) dan Sumatera Utara (Sumut).


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID