logo rilis
Sibuk, Begini Suasana Perbatasan Jakarta saat Polisi Cek SIKM Pemudik
Kontributor
Elvi R
28 Mei 2020, 21:00 WIB
Sibuk, Begini Suasana Perbatasan Jakarta saat Polisi Cek SIKM Pemudik
Petugas memeriksa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas menuju Jakarta di kawasan perbatasan Tangerang-Jakarta di jalan Daan Mogot, Jakarta. Foto: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— "Tunda dulu ke Jakarta. Daripada memaksa berangkat dan harus putar balik," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegas dalam vidio konfrensi pers, di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, kemarin, Rabu (27/5/2020). 

Pernyataan tidak main-main ini diungkapkan orang nomer satu DKI Jakarta pada warga yang bandel keluar masuk ibukota baik untuk mudik lebaran 2020 atau hal lain. 

Anies menegaskan, masyarakar luar Jabodetabek yang hendak masuk ke DKI Jakarta harus memiliki surat izin keluar masuk (SIKM). Jika anda tidak punya maka pastikan bahwa perjalanan masuk dalam kedinasan 11 sektor yang diatur dalam Pergub DKI nomor 47 tahun 2020.

"Saya imbau ke masyarakat. Bila tidak punya SIKM, kedinasan yang relevan dalam 11 sektor, tunda dulu perjalannya," katanya lagi.

Pergub tersebut, lanjut Anies, diterbitkan sudah diatur bahwa SIKM hanya akan diberikan untuk perjalanan kedinasan dan sektor-sektor yang mendapat pengecualian selama PSBB. Selain itu kata Anies tidak diizinkan untuk masuk atau keluar dari Jakarta.

Anies meminta agar warga terutama yang melakukan mudik lebaran kemarin untuk menunda rencana kembali ke Jakarta, karena tidak akan diizinkan.

Anies menyatakan, kebijakan pengetatan keluar masuk orang untuk menekan penularan COVID-19 menunjukkan perkembangan signifikan setelah dua bulan menerapkan PSBB.

"Ini untuk melindungi warga Jakarta, untuk menghargai kerja keras jutaan warga yang telah tetap di rumah, agar kita tidak kembali ke situasi Maret, April kemarin," ujarnya.

Lalu, bagaimana suasana dan gambaran lokasi perbatasan DKI Jakarta dengan wilayah lain? Apakah benar protokoler ini dijalankan oleh pertugas?

Tim rilis.id telah menangkap jepretan pemeriksaan SIKM oleh petugas kepolisian.

Petugas memberhentikan pengendara kendaraan bermotor untuk di cek Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta yang melintas menuju Jakarta di kawasan perbatasan Tangerang-Jakarta di jalan Daan Mogot, Jakarta. Pengecekan akan dilakukan untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas menghentikan pengendara kendaraan roda empat yang memiliki nomor polisi luar daerah. Ini dilakukan untuk di cek Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta yang melintas menuju Jakarta di kawasan perbatasan Tangerang-Jakarta di jalan Daan Mogot, Jakarta. Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas memeriksa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terhadap pengendara kendaraan roda dua yang melintas menuju Jakarta di kawasan perbatasan Tangerang-Jakarta di jalan Daan Mogot, Jakarta. Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Polisi mengecek kelengkapan dokumen SIKM dan KTP dari penduduk yang akan melintasi wilayah DKI Jakarta. Terutama mereka yang akan bekerja dan pulang dari mudik. FOTO. RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas berjaga untuk memeriksa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terhadap pengendara yang melintas menuju Jakarta di kawasan perbatasan Tangerang-Jakarta di jalan Daan Mogot, Jakarta. Foto: RILIS.ID/Panji Satria.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID