Siapa Sponsor PSI Grace Natalie? - RILIS.ID
Siapa Sponsor PSI Grace Natalie?

Selasa | 19/09/2017 22.32 WIB
Siapa Sponsor PSI Grace Natalie?
Pimpinan PSI bersama caleg Giring Nidji. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dianggap memiliki modal finansial yang kuat dalam kegiatan politiknya. Kepengurusan yang lengkap dari tingkat pusat hingga daerah dalam waktu singkat bukan perkara mudah.

Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menganggap PSI sebagai partai baru yang memiliki modal finansial yang kuat. Dari beberapa kegiatan politiknya, partai yang dikomandani matan presenter televisi partikelir ini menunjukkan dirinya memiliki dukungan finansial.

"Saya melihat PSI memiliki financial capital dari cara mereka berkampanye di media, iklan dan di jalanan. Ini menunjukkan PSI yang punya modal finansial yang kuat saya melihat angkanya lumayan kalau dikalkulasi," kata Ubedilah kepada rilis.id, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Modal besar, menurut Ubedilah tentu sangat bagus untuk mendukung mesin partai. Namun bila pemilik modal tersebut memiliki kontrak dan partai dikendalikan pemilik modal, ke depan bisa berbahaya. Bukan hanya untuk PSI tetapi juga bagi bangsa ini.

"Siapa pemilik modal di balik PSI ini? Saya melihat PSI juga tergantung pada pemilik modal," imbuhnya.

Karena itu, menurut Ubedilah, PSI juga mesti jujur mengakui pembiayaan partai politik. Apakah kegiatan aktivitas politik dibiayai oleh iuran anggota atau ada investasi modal.

"Saya pikir PSI harus jujur apakah pembiayaan dari iuran anggota atau investasi pemilik modal," katanya.

Apalagi, PSI mengidentifikasi dirinya sebagai partai anak muda yang dikelola secara modern. Hal itu juga bisa menangkal degradasi ideologisnya.

"Kalau PSI sebagai partai modern tentu harus ada transparansi juga soal pengelolaan keuangan. Progresifitas mereka bisa tergerus oleh kepentingan politik bukan kepentingan ideologis," pungkasnya.


Tags
#partai solidaritas indonesia
#psi
#grace natalie
#pemilu 2019
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID