logo rilis
Selain Kunyit, Kelor Bisa Jadi Pencegah COVID-19 Lho
Kontributor
Elvi R
30 Maret 2020, 15:00 WIB
Selain Kunyit, Kelor Bisa Jadi Pencegah COVID-19 Lho
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Semenjak virus corona (COVID-19) merebak di Indonesia empon-empon atau rempah, terutama kunyit, jahe dan temulawak laris manis. Tanaman herbal itu dipercaya menjadi salah satu cara pencegahan virus corona.

Ternyata, selain tanaman itu, ada tanaman lain yang tak kalah bermanfaat dalam menyehatkan badan dan menangkal COVID-19. Yakni kelor atau tanaman dengan nama latin Moringa oleifera.

Manfaat daun kelor untuk pencegahan COVID-19 ternyata bukan isapan jempol semata. Tim peneliti Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) seperti dilansir dari Republika.co.id menyebutkan ada senyawa khusus yang dimiliki kelor. Senyawa itu seperti hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, myricetin. 

Dekan Fakultas Kedokteran UI Fahrial Syam juga menjelaskan, senyawa dalam kelor mampu menghambat dan mencegah COVID-19. Karena berdasarkan hasil skrining terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait mekanisme kerja virus, kelor terbukti mampu menghambatnya.

"Gabungan peneliti multidisiplin melakukan analisis big data dan machine learning dari basis data HerbalDB yang dikembangkan oleh Laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI sejumlah 1.377 senyawa herbal," ungkapnya dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Menurutnya, farmakor yang dilakukan tim peneliti dilakukan dengan metode struktur dan ligan. Kemudian dikonfirmasi hasilnya menggunakan metode pemodelan molekuler untuk dievaluasi aktivitas antivirusnya.

“Hasil penemuan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus corona," ujar Ari.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID