Sedang Kunjungi Napi Tipikor, Ketua Pansus Angket Dipanggil KPK - RILIS.ID
Sedang Kunjungi Napi Tipikor, Ketua Pansus Angket Dipanggil KPK

Kamis | 06/07/2017 11.40 WIB
Sedang Kunjungi Napi Tipikor, Ketua Pansus Angket Dipanggil KPK

RILIS.ID, Jakarta— KPK akan memeriksa anggota Komisi I DPR sekaligus Ketua Panitia Khusus Hak Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional (e-KTP).

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus (AA)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Selain memeriksa Agun, KPK juga akan memeriksa mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Hanura Djamal Aziz dan mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tamsil Linrung.

Dalam dakwaan disebut Agun Gunandjar Sudarsa yang saat itu sebagai anggota Komisi II dan Badan Anggaran DPR menerima sejumlah 1,047 juta dolar AS terkait proyek KTP-e sebesar Rp5,95 triliun itu.

Djamal Aziz yang saat itu sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Fraksi Partai Hanura di Komisi II DPR RI menerima 37 ribu dolar AS, sedangkan Tamsil Linrung yang saat itu sebagai Wakil Ketua Banggar DPR menerima sejumlah 700 ribu dolar AS.

Terdakwa dalam kasus itu adalah mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Kemendagri Sugiharto. Irman sudah dituntut 7 tahun penjara, sedangkan Sugiharto dituntut 5 tahun penjara.

KPK juga telah menetapkan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong, mantan Anggota Komisi II DPR RI 2009-2014 Fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani, dan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Golangan Karya Markus Nari sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Sumber Antara


Tags
#Pansus Angket KPK
#KPK
#Angket
#Agun Gunandjar
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID