Sebanyak 52 Bakal Bertarung di Pilkada Serentak NTT Tahun Ini - RILIS.ID
Sebanyak 52 Bakal Bertarung di Pilkada Serentak NTT Tahun Ini
Elvi R
Selasa | 28/01/2020 11.27 WIB
Sebanyak 52 Bakal Bertarung di Pilkada Serentak NTT Tahun Ini
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Kupang – Sebanyak 52 pasangan calon (paslon) diprediksi ikut bertarung dalam pilkada serentak 2020 yang akan berlangsung di sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari jumlah pasangan calon ini, 16 di antaranya merupakan pasangan calon perseorangan. Sedangkan sisanya merupakan calon yang diusung partai politik. Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT, Thomas Dohun mengatakan, hal itu berkaitan dengan peluang pasangan calon, yang akan bertarung dalam pilkada serentak di provinsi berbasis kepulauan itu. Baik melalui parpol maupun perseorangan.

"Dari jumlah pemilih dan juga perolehan kursi partai politik di DPRD hasil Pemilu 2019, kami memprediksi akan ada 52 pasangan calon yang ikut dalam Pilkada 2020, termasuk 16 pasangan calon perseorangan," katanya di Kupang, Selasa (28/1/2020).

Dari jumlah pasangan calon yang diprediksi tersebut, pasangan calon terbanyak yakni di Pilkada Kabupaten Manggarai Barat yakni delapan pasangan calon, termasuk dua pasangan calon perseorangan.

Disusul Kabupaten Ngada, Sumba Barat, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua dan Manggarai masing-masing enam pasangan calon.

Sementara Kabupaten Belu dan Sumba Timur diprediksi lima pasangan calon dan Kabupaten Malaka empat pasangan calon, katanya.

"Jumlah pasangan calon ini merupakan prediksi yang dibuat oleh KPU, karena berkaitan dengan penganggaran," kata Thomas Dohu.

Hanya saja, semuanya sangat bergantung pada pembentukan koalisi oleh partai-partai politik, dan kemampuan bakal calon perseorangan untuk memenuhi syarat dukungan.

Pada tahun ini, di Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak pada sembilan kabupaten.

Sembilan kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada tahun 2020 di NTT adalah, Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur. 
 

Sumber ANTARA


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID