logo rilis
Satu Juta Keluarga Terdampak COVID-19 di Jabar Dapat Bantuan Tunai
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
17 April 2020, 11:30 WIB
Satu Juta Keluarga Terdampak COVID-19 di Jabar Dapat Bantuan Tunai
Warga Bogor bersiap PSBB. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Bandung — Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan tunai senilai Rp600 ribu per bulan untuk setiap keluarga kepada sekitar satu juta keluarga yang terdampak COVID-19 di wilayah itu selain Bogor, Depok, dan Bekasi mulai dari pekan ketiga April hingga Juni 2020.

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, mengatakan, bantuan dari Kemensos untuk warga Jabar di luar Bodebek itu jumlahnya satu juta kepala keluarga yang nantinya akan dibagikan oleh PT Pos Indonesia.

"Namun perlu sinkronisasi data dulu, tujuannya hanya satu, jangan sampai delapan pintu (bantuan) ini tumpang tindih, duplikasi, atau ada yang terlewat," kata Kang Emil, sapaan akrabnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/4/2020). 

Warga Jawa Barat selama wabah secara keseluruhan akan mendapatkan bantuan dari delapan program, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), program bantuan pangan non-tunai, bantuan dari Presiden untuk perantau di Bogor-Depok-Bekasi agar tidak mudik, program Kartu Pra Kerja, dan penggeseran penggunaan dana desa untuk pemberian bantuan langsung tunai.

Selain itu ada bantuan sosial tunai dan Kementerian Sosial, bantuan uang tunai Rp500 ribu per keluarga dan bahan pangan pokok selama empat bulan dari pemerintah provinsi, serta tambahan bantuan dari anggaran pemerintah kabupaten/kota.

"Bantuan dari pemerintah jumlahnya sebenarnya banyak tapi RT dan RW saat mengklasifikasi siapa mendapatkan bantuan yang mana itu yang menjadi isu harian," ujarnya. 

Ia mengatakan, lebih baik semua bantuan untuk warga Jawa Barat penyalurannya dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat supaya tidak tumpang tindih.

"Kami sarankan semua bantuan untuk warga Jabar biar pengaturan lalu lintasnya oleh provinsi, jangan sampai ada duplikasi karena kebingungan. Misalnya dia pengangguran lalu dapat bantuan prakerja ternyata dia terdaftar lagi di bansos tunainya Kemensos. Ini butuh proses pemilahan di akar rumput," katanya.

Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan bantuan sosial dari pemerintah selama masa wabah meliputi tiga basis yakni bantuan dengan basis wilayah untuk warga desa dan warga Bogor-Depok-Bekasi, bantuan berbasis profesi lewat program pra-kerja, dan bantuan dengan basis umum seperti PKH, bantuan sosial tunai, dan bantuan pangan pokok.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID