logo rilis
Satgas Lawan COVID-19 DPR Sidak ke Bandara Soetta, Dasco: Siap 'New Normal'
Kontributor
Nailin In Saroh
23 Mei 2020, 16:30 WIB
Satgas Lawan COVID-19 DPR Sidak ke Bandara Soetta, Dasco: Siap 'New Normal'
Satgas Lawan COVID-19 bentukan DPR RI melakukan sidak ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, di H-1 Lebaran Idul Fitri 2020, Sabtu (23/5/2020). FOTO: RILIS.ID/Nailin In Saroh

RILIS.ID, Jakarta— Satgas Lawan COVID-19 bentukan DPR RI melakukan sidak ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, di H-1 Lebaran Idul Fitri 2020, Sabtu (23/5/2020).

"Hari ini kami melakukan peninjauan lagi di lapangan, tadi sudah ke terminal 2 dan sekarang di terminal 3 dalam rangka melihat langsung bagaimana prosedur dan protap COVID-19 untuk keberangkatan maupun kedatangan," ujar Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Bandara Soetta, Sabtu (23/5).

Wakil ketua DPR RI bidang ekonomi dan keuangan (Korekku) itu mengatakan DPR sangat mengapresiasi pihak bandara dalam penanganan pelayanan penumpang sesuai prosedur upaya pencegahan COVID-19. Apalagi sebelumnya sempat viral terkait adanya penumpukan penumpang. 

"Pada hari ini frekuensinya memang agak sepi, tapi protokol COVID-19 sudah dilakukan dengan benar. Sehingga menjelang PSBB nanti selesai, kami harap protokol COVID-19 yang dilakukan di bandara ini protapnya tetap berjalan dengan baik," harap Dasco. 

"Dimana pemeriksaan dengan ketat baik dari sisi administrasi maupun kesehatan lalu bagaimana penumpang diatur berdiri, diatur duduk, diatur tes kesehatan dan kemudian dikarantina apabila ada indikasi dan segala sesuatu diatur dengan baik," lanjutnya. 

Satgas Lawan COVID-19 juga mengapresiasi pengelola bandara beserta semua yang bertugas di bandara baik dari kepolisian, TNI, tenaga kesehatan, pihak imigrasi dan lain-lain atas kerja sama yang sangat solid. "Dan kami berharap dapat terus ditingkatkan," tutur Dasco.

Waketum Gerindra itu menilai protap yang telah diterapkan otoritas bandara juga sudah bagus sehingga belum perlu lagi ada evaluasi. Termasuk, oleh maskapai-maskapai penerbangan. 

"Pada maskapai penerbangan ada protokol COVID-19. Tadi kami sudah berbincang dengan kru Garuda, sudah membuat protap tentang jumlah penumpang, serta jarak antar penumpang di dalam pesawat. Dan saya pikir semua maskapai itu bisa membuat protap bersama," jelas Dasco.

Menurut Dasco, bandara Soetta pun sudah siap menjalankan aktivitas normal ketika PSBB diputuskan berakhir. "Dengan protap yang ada, saya pikir bandara Soetta sudah siap. Namun perlu diantisipasi lagi jumlah penumpang yang akan pergi maupun kembali sehingga bisa dikalkulasi jumlah petugas atau jumlah check poin yang dipersiapkan. Baik untuk kesehatan maupun administrasinya," tandas Dasco. 

Dalam sidak tersebut Sufmi Dasco Ahmad didampingi anggota Satgas Lawan COVID-19 DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan, dari Fraksi Gerindra Habiburrokhman dan Andre Rosiade, dari Fraksi NasDem Fauzi H Amro. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID