logo rilis
Sang Penghukum Koruptor Berpulang, Hanya Ditemani Motor Tua Sepanjang Karir
Kontributor

28 Februari 2021, 21:17 WIB
Sang Penghukum Koruptor Berpulang, Hanya Ditemani Motor Tua Sepanjang Karir
Artidjo Alkostar semasa hidup. Foto: Istimewa

Mantan Hakim Agung yang kini menjabat anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar meninggal dunia. Sosok Artidjo Alkostar dikenang sebagai sosok hakim agung yang kerap memperberat vonis para koruptor.

"Artidjo Alkostar adalah hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor,” kenang Menko Polhukam Mahfud MD lewat cuitan di Twitter, yang dikutip dari detik.com, Minggu (28/2/2021).

Mahfud menceritakan, Artidjo Alkostar tak ragu menjatuhkan vonis berat kepada para koruptor. Keputusan itu diambil tanpa mempedulikan siapa di belakang para koruptor itu.

"Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan back up politik," katanya.

Sosok Artidjo Alkostar juga malang melintang di dunia hukum Indonesia. Dia pernah menjadi dosen hingga pengacara.

“Almarhum adalah dosen di Fakultas Hukum UII Yogya yang juga jadi pengacara. Selama jadi pengacara dikenal lurus,” tutur Mahfud.

Setelah 14 tahun menjadi Hakim Agung, Artidjo purnatugas pada 22 Mei 2018 dan sudah menangani 19.483 perkara sepanjang karirnya.

Pada Desember 2019, Artidjo mengucapkan sumpah menjadi anggota Dewan Pengawas KPK.

Dilansir dari suara.com, Artidjo juga dikenal sebagai sosok yang tidak memiliki kendaraan yang mewah.

Menurut data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tercatat bahwa menurut data dari tahun 2002, ia cuma memiliki sebuah motor tua, Honda Astrea edisi tahun 1978 seharga Rp4 jutaan.

Motor ini selalu hadir dalam berkas LHKPN hingga tahun 2017. Lalu di tahun 2019, bahkan ia tak memiliki satupun kendaraan.

Artidjo berpulang setelah menderita sakit di bagian jantung dan paru-paru.(*)

Lihat video menarik lainnya:

Editor: Andry Kurniawan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID