logo rilis
Said Aqil Sebut Demokrasi AS Sedang Sekarat
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
06 Juni 2020, 09:00 WIB
Said Aqil Sebut Demokrasi AS Sedang Sekarat
FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj, menyebut, demokrasi di Amerika Serikat (AS) saat ini sedang sekarat di tengah isu rasisme yang melanda negeri Paman Sam tersebut. 

Menurut Said, AS mengalami perubahan haluan yang drastis sejak terpilihnya Donald Trump sebagai presiden menggantikan Barack Obama. Menurutnya, terplilihnya Trump telah menguak borok demokrasi Amerika yang selama ini tampil seperti ‘polisi’ demokrasi dunia.

Said mengatakan, Trump sejak awal telah melakukan kampanye pada musim Pilpres AS dengan rasis. Hal itu menunjukkan sentimen negatif terhadap imigran kulit warna dan kaum Muslim seperti menabung bara api yang meledak dalam kerusuhan rasial sekarang.

Dia melanjutkan, AS melakukan standar ganda dalam isu HAM, perdagangan bebas, dan terorisme. 

"Ini menunjukkan wajah bopeng demokrasi yang tidak patut ditiru," ujar Said.

NU, kata Said, menilai bahwa demokrasi masih menjadi sistem terbaik yang sejalan dengan konsep di dalam Islam. Meski begitu, dirinya menolak penyeragaman demokrasi liberal ala AS sebagai satu-satunya sistem terbaik untuk mengatur negara dan pemerintahan.

"Indonesia tidak perlu membebek Amerika dan negara manapun untuk membangun demokrasi yang selaras dengan jati diri dan karakter bangsa Indonesia," katanya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID