logo rilis
Ryamizard Lakukan Pendekatan Diplomasi Empat Poros
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
26 September 2018, 23:59 WIB
Ryamizard Lakukan Pendekatan Diplomasi Empat Poros
Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengadopsi empat poros dengan melakukan hubungan yang seimbang dengan Amerika Serikat, Rusia, Cina dan ASEAN.

Menurut Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, hal tersebut dilakukan karena Indonesia merupakan negara yang netral. 

"Kita harus mendekat ke situ, ke negara-negara besar. Kita kan negara yang netral, tidak berpihak," katanya di kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (26/9/2018). 

Selain sebagai negara bebas dan aktif, ujar Ryamizard, pendekatan empat poros diplomasi itu dilakukan karena bagian dari amanat dari pembukaan UUD 1945, yakni harus ikut terlibat dalam upaya ketertiban dunia. 
 
"Mau Cina, Rusia, Amerika dan ASEAN, kita usahakan tidak terjadi konflik. Meski Indonesia berada di kawasan ASEAN, dengan tiga negara lainnya kita bersahabat," ujarnya. 

Indonesia, lanjut dia memandang perlu negara-negara dari seluruh kawasan di belahan dunia mana pun untuk bersama-sama membesarkan persamaan yang ada mengecilkan perbedaan yang selama ini dapat mengganggu hubungan persaudaraan sesama umat manusia.
 
"Sehingga hal ini akan lebih memperkuat persatuan dan kerja sama antarnegara dan antarkawasan demi mewujudkan cita-cita mulia bersama untuk membangun dunia yang lebih aman, damai dan sejahtera," paparnya.
 

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID