Repatriasi Rohingya, Begini Catatan Komisi I DPR - RILIS.ID
Repatriasi Rohingya, Begini Catatan Komisi I DPR

Jumat | 02/02/2018 08.07 WIB
Repatriasi Rohingya, Begini Catatan Komisi I DPR
Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta (kiri). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, tiga hal harus diperhatikan dalam proses pemulangan para pengungsi Rohingya di Bangladesh ke Myanmar. Seluruh komponen tersebut menyangkut kebutuhan etnis minoritas Myanmar tersebut.

"Kita harus pastikan jaminan tiga hal kebutuhan pengungsi Rohingya yang kembali terpenuhi. Yaitu, keamanan, tempat tinggal, dan penghasilan hidup," ujarnya kepada rilis.id, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, juga perlu memastikan upaya-upaya komprehensif demi keamanan Rohingya. Misalnya, membentuk pasukan perdamaian (peacekeeping force) guna mengantisipasi brutalitas junta militer.

Dalam konteks keamanan itu, kata Sukamta, Indonesia bisa terlibat dengan menempatkan pasukan Garuda. "Indonesia perlu mendesak PBB terkait hal ini," jelasnya.

Legislator asal Yogyakarta itu menambahkan, tiga persoalan utama dalam proses repatriasi Rohingya perlu juga dipastikan ketersediaannya. Sebab, dikhawatirkan pemulangan Rohingya dilakukan cuma atas dasar desakan dunia internasional.

"Kita tidak ingin proses kesepakatan pengembalian pengungsi Rohingya ini hanya dilakukan setengah hati oleh pemerintah Myanmar atas desakan internasional," tukas Sukamta.

Myanmar-Bangladesh sepakat repatriasi Rohingya ke negara asalnya. Kesepakatan terjalin menyusul banyaknya dunia internasional yang mendesak Myanmar untuk mengembalikan pengungsi Rohingya dari Bangladesh.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID