Rencana Pembelian 6 Pesawat Tempur oleh KKP Harus Ditolak - RILIS.ID
Rencana Pembelian 6 Pesawat Tempur oleh KKP Harus Ditolak
RILIS.ID
Senin | 13/02/2017 22.49 WIB
Rencana Pembelian 6 Pesawat Tempur oleh KKP Harus Ditolak

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ingin membeli 6 pesawat tempur untuk berpatroli dan menjaga wilayah perairan Indonesia dari ilegal fishing. Usulan yang ada di RAPBN-P 2016 itu, harus ditolak. Karena selain tidak masuk akal, juga bukan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari KKP.

"Keinginan Menteri Susi untuk beli 6 pesawat tempur untuk jaga wilayah perairan dari ilegal fishing harus ditolak. Itu tidak masuk akal, aneh, dan bukan Tupoksinya KKP," kata Daniel disela-sela Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Wasekjen DPP PKB ini mengatakan, rencana pembelian pesawat itu akan menguras keuangan negara sebesar Rp900 miliar yang dianggarkan secara multyyears mulai tahun ini. Anggaran sebesar itu, kata Daniel, lebih baik dialokasikan untuk pembudidayaan perikanan, dan alat tangkap perikanan.

"Menteri Susi ini sangat aneh, ingin beli 6 pesawat tempur, dan 1 kapal perang untuk awasi perairan laut Indonesia. Total anggaran untuk 6 pesawat tempur itu Rp900 miliar secara multyyears mulai tahun ini. Jenis pesawat dan detailnya masih belum ada kejelasan, masih ditutup-tutupi. Sementara untuk nelayan, tidak ada kebijakan dan anggaran yang memihak. Mending anggaran itu nelayan dan petambak," kata anggota DPR dari Dapil Kalbar ini.

Menurut Daniel, kalau rencana itu terealisasi maka akan menyedot anggaran lainnya untuk pemeliharaan dan parkir pesawat. "Coba, kalau jadi beli, mau ditaruh di mana, bagaimana perawatan dan anggarannya? Mending anggarannya itu buat budidaya dan alat tangkap perikanan," tegasnya.

Daniel juga menyatakan, Tupoksi dari KKP adalah mensejahterakan nelayan?, bukan beli pesawat tempur untuk menjaga dan berpatroli di wilayah perairan Indonesia. "Apapun alasannya, rencana pembelian 6 pesawat itu tak relevan dan sebaiknya digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Daniel.

Eroby JF


Tags
#Komisi IV DPR
#Menteri Susi Pudjiastuti
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID