logo rilis
Ratusan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Kunjungi BB Biogen
Kontributor
Elvi R
22 Desember 2018, 09:00 WIB
Ratusan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Kunjungi BB Biogen
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Bogor— Sebanyak 105 mahasiswa dan tiga dosen dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Biologi Fakultas Tarbiyah mengunjungi BB Biogen di Bogor, Jumat (21/12/2018). Kunjungan ini merupakan bagian dari program kegiatan praktikum lapangan dari mata kuliah genetika jurusan IPA Biologi.

Menurut salah satu dosen pendamping, Ria Gloria, mahasiswa semester lima yang didampinginya telah mendapat bekal yang cukup dari kampus mengenai mata kuliah genetika baik secara teori maupun praktik, namun perlu adanya pendalam sehingga perlu dilaksanakannya kunjungan ke BB Biogen.

“Dengan kunjungan ini diharapkan para mahasiswa bisa menggali lebih dalam lagi mengenai apa-apa yang telah mereka pelajari di kampus,” ujar Ria dalam sambutannya.

Dalam kunjungan ini, para mahasiswa mendapat kesempatan untuk melihat aktivitas di empat kelompok peneliti (kelti) BB Biogen yakni kelti biokimia, kelti pengelolaan sumber daya genetik pertanian, kelti biologi sel dan jaringan, dan kelti biologi molekuler. Di sana, para mahasiswa dapat mengetahui tugas serta tahapan-tahapan kegiatan penelitian dari masing-masing kelti.

Salah satu mahasiswa yang sekaligus menjadi ketua panitia kunjungan, Muhammad Ayip Faturrohman merasa beruntung setelah mengunjungi salah satu kelti di BB Biogen. Menurutnya dengan kunjungan ini ia dapat mengetahui fasilitas yang sebenarnya dibutuhkan di kampusnya.

“Di kampus ada salah satu materi praktikum yang seharusnya menggunakan polymerase chain reaction (PCR), namun karena keterbatasan biaya dari pihak kampus, kami menggunakan virtual lab. Nah dari virtual lab itu sebenarnya masih ngambang. Pas sampai di sini kami jadi tahu PCR itu seperti apa dan penggunaannya bagaimana,” cerita Ayip usai mengunjungi kelti biologi molekuler.

Setelah mengetahui beberapa fasilitas yang dimiliki BB Biogen, Ayip pun berharap mendapat kesempatan dalam memanfaatkan fasilitas yang dimiliki BB Biogen untuk kepentingan akademisnya.

Sumber: Andika Bakti/Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID