Prabowo-Anies Lawan Jokowi, Seru! - RILIS.ID
Prabowo-Anies Lawan Jokowi, Seru!
Budi Prasetyo
Jumat | 16/03/2018 13.41 WIB
Prabowo-Anies Lawan Jokowi, Seru!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Surabaya – Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Surabaya Umar Shalahuddin menilai, duet Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berpotensi mengalahkan Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden  2019 nanti. Baik popularitas, maupun elektabilitas keduanya dianggap paling layak untuk melawan Jokowi. 

"Saya pikir keduanya tokoh potensial untuk bisa runing dalam Pilpres. Secara popularitas dan elektabilitas, Prabowo saat ini lebih tinggi. Dan Prabowo tokoh yang bisa kompetitif melawan petahana saat ini (Jokowi)," kata Umar ketika dikonfirmasi rilis.id di Surabaya, Jumat (16/3/2018).

Baca juga: Anies Jadi Cawapres Bisa Bangkitkan Kelompok Islam

Meski demikian, dia menyarankan agar Anies berkonsentrasi menyelesaikan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dengan begitu, publik bisa menilai kinerja Anies.

"Meskipun tokoh potensial, lebih baik Anies konsentrasi jadi Gubernur DKI. Jadi Prabowo bisa diajukan sebagai kompetitor," tegasnya. 

Baca juga: LIPI: Anies Masih 'Prematur' Jadi Cawapres Prabowo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Menurut dia, nantinya Prabowo bisa mengambil suara Islam dan pemilih yang kecewa terhadap kinerja Jokowi. Jika demikian, Prabowo bisa menjadi lawan yang tangguh, meski tidak berpasangan dengan Anies di Pilpres 2019.

"Prabowo akan ambil suara Islam dan nasionalis. Pemilih yang kecewa dengan kinerja Jokowi, sangat mungkin akan pindah ke Prabowo," tambahnya. 

Baca juga: 3 Keunggulan Duet Gatot-Anies Jadi Tandingan Terberat Jokowi

Menurut dia, jika bergandengan dengan Anies, bisa jadi akan menimbulkan persepsi negatif di kalangan pemilih. Pasalnya, Anies tidak tuntas dalam memimpin DKI. 

"Potensi jadi kompetitor ada, tapi kalau memang Anies runing lebih baik tuntaskan tugas DKI baru 2024 bisa runing. Kedua, popularitas dan elektabilitas Anies masih rendah karena itu butuh jam terbang dan banyak panggung politik untuk bisa maju di Pilpres," pungkasnya. 
 

Editor Sukma Alam


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID