Pos Indonesia Butuh Revitalisasi untuk Dukung E-Commerce - RILIS.ID
Pos Indonesia Butuh Revitalisasi untuk Dukung E-Commerce

Senin | 12/03/2018 17.22 WIB
Pos Indonesia Butuh Revitalisasi untuk Dukung E-Commerce
Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Elen Setiadi. FOTO: Humas Kemenko Perekonomian

RILIS.ID, Jakarta – Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Elen Setiadi menilai, PT Pos Indonesia (Persero) punya potensi besar dalam mendukung e-commerce Tanah Air. Untuk itu, pemerintah perlu merevitalisasi perusahaan plat merah sebagai backbone e-commerce logistics, sesuai roadmap e-commerce Indonesia.

“Tentu, karena dengan jaringannya yang luas tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dan dukungan SDM (sumber daya manusia) yang tangguh menjadi potensi besar untuk mendukung e-commerce dan konektivitas logistik di Indonesia,” terangnya.

Selain itu, menurut Elen, isu yang tak kalah penting adalah tantangan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pemerintah perlu membantu produk-produk yang dihasilkan UMKM untuk memasuki pasar dunia melalui perdagangan online.

Dalam hal ini, pemerintah menugaskan PT Pos Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, secara kolektif bertindak sebagai agregator/konsolidator untuk produk UMKM, serta membantu produk mereka masuk ke pasar luar negeri.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi Wahju Setijono menambahkan, "relevansi Pos Indonesia dan pemain lain di industri logistik bergantung pada apakah mampu mengatasi perubahan dan disruption di dalam industri”.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID