logo rilis
Politisi Demokrat Sebut Ahok Bagus Pimpin Ibu Kota Baru, Alasannya...
Kontributor
Nailin In Saroh
29 Februari 2020, 20:02 WIB
Politisi Demokrat Sebut Ahok Bagus Pimpin Ibu Kota Baru, Alasannya...
Basuki Tjahaja Purnama alias BTP alias Ahok. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias BTP alias Ahok, diisukan bakal memimpin Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Meski beredar kabar jika Presiden Joko Widodo langsung yang bakal menunjuk Ahok sebagai kepala pelaksana ibu kota, namun pihak Istana hingga kini belum memberikan kepastian atas isu tersebut.

Menanggapi hal ini, Politisi Demokrat Ferdinand Hutahaean ternyata menyambut positif kabar tersebut. Bahkan secara pribadi, ia mendukung wacana Komisaris Utama PT Pertamina itu memimpin IKN kedepannya.

“Saya secara pribadi setuju dan mendukung Basuki Tjahaja Purnama untuk memimpin pembangunan Ibu Kota Baru,” ungkap Ferdinand Hutahaean, Sabtu (29/2/2020).

Alasannya, Ferdinand menilai, Ahok memiliki kemampuan yang bagus dengan karakter yang tegas. Karakter seperti Ahok itulah, menurut dia, yang dibutuhkan untuk mengurusi pembangunan di Ibu Kota Baru nanti.

“Karakternya yang keras, meledak, bagus untuk mengurusi pembangunan dengan anggaran ratusan triliun. Segerakan saja pak Jokowi, jangan tunda,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Presiden Jokowi sudah menunjuk kepala badan otorita ibu kota baru. Namun, ia enggan menyebut nama yang dipilih RI 1.

"Nanti akan diumumkan. Presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu, tapi biarlah nanti resmi diumumkan presiden," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat, (28/2/2020).

Menurut informasi, Badan otorita ibu kota baru akan menjadi pelaksana pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur beserta pemindahannya. Adapun komposisi badan ini akan berisi semua kementerian. Selain itu, badan ini akan berakhir bersamaan dengan terbentuknya pemerintahan, yang bentuknya masih dibahas pemerintah, di lokasi ibu kota baru itu.

Dikutip dari Tempo, dua sumber di lingkungan pemerintahan menyatakan ada tiga nama yang saat ini kuat dicalonkan sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Baru. 

Ketiganya adalah Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID