logo rilis
Pesawat Hercules Siap Jemput WNI di Wuhan, Tapi...
Kontributor
Nailin In Saroh
29 Januari 2020, 18:35 WIB
Pesawat Hercules Siap Jemput WNI di Wuhan, Tapi...
Ilustrasi virus Corona di Wuhan, Cina. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.

RILIS.ID, Jakarta— TNI AU telah menyiapkan dua pesawat jenis Boeing dan satu pesawat Hercules untuk menjemput WNI di Wuhan, Cina. 

Tetapi, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk terbang menjemput WNI di daerah yang terisolasi itu.

Apabila sudah ada instruksi dari Kemenlu, kata dia, dua pesawat yang akan menjemput WNI di Wuhan akan mendarat kembali di Indonesia di bandara Halim Perdana Kusuma. 

"Tempat mendaratnya di Halim (Halim Perdanakusuma), bagaimana pengungsiannya sudah disiapkan. TNI AU kan menyiapkan pesawat ini tinggal gerak aja," ujar Fajar kepada wartawan, Rabu (29/1/2020).

Selanjutnya, Fajar menerangkan, setelah pulang di Tanah Air, baik kru penjemput maupun WNI yang dievakuasi akan dilakukan karantina selama kurang lebih 28 hari. Mereka akan diobservasi untuk memastikan tidak ikut terjangkit virus corona.

"Nanti begitu kembali akan dikarantina dulu. Jadi tidak langsung turun langsung bebas, dikarantina dulu. Yang kita siapkan itu, briefing-nya demikian. Standar (karantina) 28 hari di RSPI Sulianti Saroso," kata dia. 

Sebelumnya, mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Wuhan meminta Menlu untuk segera mengevakuasi mereka dari kota tersebut. 

"Ibu menlu jemput kami, teman-teman kami dari negara German, Jepang, Syiria, Palestine, Jordan mereka sudah keluar dari dormitory," kata Yuliannova lewat akun Twitter, Rabu (29/1).

Dia mengatakan kini hidup di Kota Wuhan penuh dengan kekhawatiran di mana ambulans mondar-mandir membawa pasien sudah menjadi pemandangan umum.

"Kami ini adalah korban Virus Corona bu. Tempat tinggal kami jauh dari Indonesia." 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID