logo rilis
Perubahan Gaya Hidup Selama Pandemi Bisa Jadi Peluang Bisnis
Kontributor

13 November 2020, 18:30 WIB
Perubahan Gaya Hidup Selama Pandemi Bisa Jadi Peluang Bisnis
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Perubahan gaya hidup masyarakat di tengah pandemi COVID-19, seperti menjaga jarak pembatasan aktivitas bisa memunculkan sejumlah peluang, termasuk dalam berbisnis. Hal itu juga didukung oleh teknologi internet yang sudah hampir merata di Indonesia.


Menurut Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Kementerian Komunikasi dan Informatika, Aris Kurniawan, ada sejumlah hal positif dari pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia tersebut.

"Bila selama ini masyarakat sering jalan dan berwisata, maka dananya kini dialihkan untuk belanja, berdonasi dan juga membeli barang-barang milik teman lewat online," kata Aris dalam diskusi webiner Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunika (TIK) sebagai Media Edukasi dan Bisnis, Jumat (13/11/2020).

Pembicara lain dalam diskusi itu adalah anggota Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut dan Ketua GAMKI Ivanhoe Semen.

Aris melanjutkan, infrastruktur teknologi komunikasi di Indonesia sudah sangat mendukung. Hal itu terbukti dari penetrasi internet di Indonesia yang sudah menyasar 196 juta lebih penduduk Indonesia 2666 juta lebih.

"Lebih dari 73 persen penduduk Indonesia memiliki akses kepada internet. Ini tinggal berapa tahun lagi untuk bisa minimal sampai 90 persen," ujarnya.

Sementara itu, Hillary lebih menyoroti dampak positif internet untuk pendidikan dan bisnis. Internet telah memungkinkan UMKM dapat optimal memasarkan produknya lewat internet.

Selain itu, kata dia, belajar juga bisa dilakukan jarak jauh dengan menggunakan teknologi informasi.

"Jadi siapapun memiliki akses dan kesempatan yang sama karena terhubung dengan internet," ujarnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID