Pertamina Telah Realisasikan BBM Satu Harga di 9 Wilayah - RILIS.ID
Pertamina Telah Realisasikan BBM Satu Harga di 9 Wilayah
RILIS.ID
Sabtu | 18/03/2017 21.11 WIB
Pertamina Telah Realisasikan BBM Satu Harga di 9 Wilayah

RILIS.ID, Jakarta— Menurut Surat Keputusan Direktur Jenderal Nomor 09.K/10/DJM.O/2017, terdapat aturan tentang penerapan satu harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di 148 kabupaten sebagai lokasi pendistribusian. PT Pertamina Persero telah melakukan realisasi di sembilan wilayah dan akan terus dilakukan secara bertahap dari tahun 2017-2020.  

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyatakan sembilan wilayah realisasi BBM satu harga tersebut yakni  Pulau Batu, di Kabupaten Nias Selatan; Wangi-Wangi, di Kabupaten Wakatobi; Kecamatan Long Apari di Kabupaten Mahakam Hulu; Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai; Moswaren, Kabupaten Sorong Selatan; Kepulauan Karimun Jawa, di Kabupaten Jepara; Waingapu, Kabupaten Suba Timur; Pulau Raas, Kabupaten Sumenep; serta Tanjung Pengamus, Kabupaten Sumbawa.

“Melalui hasil 8 Marketing Operation Region yang telah melakukan pemetaan, hingga 2 Maret 2017 sudah ada 53 lokasi yang ditentukan untuk mendapatkan BBM Satu Harga, 9 di antaranya sudah beroperasi. Harga pembelian premium sebesar Rp6.450 per liter dan solar Rp5.150 per liter sejak akhir Februari 2017,” kata Wianda melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, (18/3/2017)

Wianda menambahkan proses pemetaan sampai pelaksanaan BBM Satu Harga di suatu wilayah membutuhkan waktu.  Setelah ditetapkan lokasinya, kemudian pertamina harus melakukan survey transportasi BBM, proaktif menggandeng investor lokal, pembangunan inftrastruktur hingga akhirnya APMS (Agen Premium Minyak dan Solar) di wilayah yang menjadi sasaran BBM Satu Harga beroperasi.

“Sebagaimana roadmap BBM Satu Harga, pada 2017 pemerintah mendargetkan pembangunan SPBU Mini di 22 lokasi dalam 14 provinsi. Kapasitas tiap SPBU Mini sebesar 5 Kilo Liter/hari yang akan tersebar di daerah yang sudah direncanakan,” terangnya.

 


Tags
#Pertamina
#Bahan Bakar Minyak
#Nasional
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID