Perppu Sudah Memakan Tumbal, Cak Nun: Buntut Ketidakseimbangan Pemerintah Jokowi - RILIS.ID
Perppu Sudah Memakan Tumbal, Cak Nun: Buntut Ketidakseimbangan Pemerintah Jokowi
Budi Prasetyo
Kamis | 20/07/2017 00.36 WIB
Perppu Sudah Memakan Tumbal, Cak Nun: Buntut Ketidakseimbangan Pemerintah Jokowi
Emha Ainun Madjib

RILIS.ID, Surabaya— Budayawan Emha Ainun Najib alias Cak Nun mengkritik kebijakan pemerintah yang menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pembubaran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). 

Cak Nun menilai, lahirnya Perppu Pembubaran Ormas sebagai buntut ketidakseimbangan pemerintahan Jokowi. "Perppu adalah hasil ketidakseimbangan," katanya di Surabaya, Rabu (19/72017).    
                                                                 
Dia menduga lahirnya Perppu ormas itu lantaran pemerintah  menerima masukan yang salah dari orang-orang dekatnya. Kondisi itu mengakibatkan jalannya pemerintahan menjadi tidak seimbang.

"Mungkin matanya juling, jalannya miring, telinganya salah dengar dan akhirnya menjadi salah langkah," tambahnya.                    

Indonesia, kata Cak Nun, sebenarnya adalah bagian dari sistem khilafah. Hanya saja penerapan sistem itu harus ada batasannya, tidak dilakukan secara mutlak. "Indonesia adalah bagaian dari sistem khilafah, dan saya punya teorinya," tambahnya.       

Emha melanjutkan, sistem khilafah bisa diterapkan di Indonesia, asal tidak menganggu kelompok lain."Khilafah itu konsepnya tuhan. Dutanya tuhan, ibarat petani tergantung dimana menanamnya," pungkasnya.


Tags
#khilafah
#caknun
#ktp elektronik
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID