Pengamat: Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas Layak Pimpin Jatim - RILIS.ID
Pengamat: Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas Layak Pimpin Jatim
Tio Pirnando
Minggu | 15/10/2017 09.06 WIB
Pengamat: Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas Layak Pimpin Jatim
Pilgub Jawa Timur

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat sosial politik Universitas Airlangga Surabaya Novri Susan menilai wacana pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur merupakan koalisi tepat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

"Keduanya adalah pasangan nasionalis-religius dan sangat baik jika mereka berpasangan di Pilkada Jatim," ujarnya seperti dikutip Antara di Surabaya, Sabtu (14/10/2017).

Pasangan Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul dan Anas diprediksi akan diusung oleh PDI Perjuangan dan berkoalisi dengan PKB yang terlebih dahulu telah mengeluarkan surat rekomendasi.

Menurut dia, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri perlu melihat kombinasi nasionalis religius karena akan menjadi sangat penting untuk Pilkada Jatim.

Selain ada ikatan kuat secara emosional dengan NU, kata dia, Megawati dapat melihat elektabilitas Gus Ipul dan popularitas Azwar Anas sehingga menjadi modal memenangkan Pilkada Jatim.

"Saya pikir akan menjadi koalisi Pilkada yang baik. Ditunggu saja bagaimana keputusan PDIP," ucap dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tersebut.

Sementara itu, DPP PDI Perjuangan dijadwalkan mengumumkan secara langsung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 di kantor DPP PDIP di Jakarta, Minggu (15/10/2017).

Kemarin, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memanggil Bupati Abdullah Azwar Anas. Ia mengatakan dirinya sudah sering datang menemui Ketua Umum PDIP tersebut dalam rangka memaparkan keadaan pasar-pasar di Banyuwangi.

"Saya biasa diundang oleh beliau. Saya setiap kali bertemu termasuk diminta memperhatikan khususnya pasar di Banyuwangi. Karena sampai hari ini toko-toko modern tidak ada di Banyuwangi. Jadi kami memang memperhatikan pasar-pasar rakyat," jelasnya.

Ketika ditanya apakah dirinya siap jika diusulkan oleh partai berlambang banteng moncong itu, Anas enggan menjawab.

"Saya belum tahu ini nanti kita tunggu usai pertemuan ya," pungkasnya.


Tags
#pilkada jatim
#pilgub jatim
#pdip
#saifullah yusuf
#abdullah azwar anas
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID