Pengamat Politik UI: Penunjukan Azis Terkesan Lindungi Setya Novanto - RILIS.ID
Pengamat Politik UI: Penunjukan Azis Terkesan Lindungi Setya Novanto

Senin | 11/12/2017 09.06 WIB
Pengamat Politik UI: Penunjukan Azis Terkesan Lindungi Setya Novanto
Azis Syamsudin. FOTO: RILIS.ID/Tuafiq Saiffudin.

 

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Yon Machmudi mengungkapkan, penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR dianggap tak etis.

Penunjukan tanpa melalui prosedur itu terkesan menjadi upaya untuk melindungi kepentingan Setya Novanto yang sedang menghadapi kasus hukumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ini terkesan penunjukan Aziz Syamsuddin ini untuk melindungi kepentingan Setnov sehingga dilakukan tanpa melalui prosedur," kata Yon kepada rilis.id, Jakarta, Senin (11/12/2012).

Penunjukan Aziz sebagai ketua DPR oleh Setya Novanto tanpa melalui mekanisme internal partai. Bahkan, tanpa melalui rapat pleno yang diatur di dalam AD-ART partai.

Di kalangan internal Golkar menginginkan penunjukan itu setelah ada putusan praperadilan yang diajukan Setya Novanto. Akhirnya penunjukan itu ditentang.

Yon menambahkan, keputusan sepihak penunjukan itu mesti ditolak secara politik. Sebab, Ketua DPR menyangkut merupakan jabatan publik yang sehingga prosesnya mesti lewat mekanisme organisasi.

"Jabatan DPR kan mengangkat representasi rakyat Indonesia maka harus dilakukan sesuai aturan yang berlaku tidak dengan cara-cara yang tidak wajar," ujar Yon.
 
"Kepentingan publik yang lebih luas harus dijadikan dasar bukan malah sebaliknya melindungi kepentingan pribadi," pungkasnya.


Tags
#Ketua DPR
#Azis Syamsudin
#Setya Novanto
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID