logo rilis
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 Segera Dibuka Besok, Catat Tanggalnya...
Kontributor
Elvi R
01 Juni 2020, 14:26 WIB
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 Segera Dibuka Besok, Catat Tanggalnya...
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Prof. Dr. Mohammad Nasih mengumumkan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dibuka pada tanggal 2-20 Juni 2020. 

M. Nasih mengatakan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena, UTBK 2020 diadakan dalam masa pandemi COVID-19. Sehingga, pelaksanaannya juga berbeda. Salah satunya adalah, UTBK hanya dilaksanakan sekali saja.

"Sekarang kita dihadapkan pada situasi tidak normal. Karena itu berbagai macam proses kita lakukan penyesuaian," ujarnya dalam talkshow mengenai Sosialisasi Prosedur Pendaftaran UTBK- SBMPTN 2020 yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube LTMPT Official.

Menurutnya, akan ada lebih dari satu juta calon peserta UTBK-SBMPTN 2020. Namun, peserta yang akan lolos diperkirakan hanya 150 ribuan orang. 

"Soal dan hal-hal lainnya kami rancang sedemikian rupa dan dengan unsur fairness. Tidak ada peserta UTBK-SBMPTN yang tidak pintar dalam pelajaran. Namun, kami harus mengatur sesuai kriteria yang ada," jelasnya.

Dia berpesan kepada calon peserta tetap percaya diri dan berpikir positif. Ada beberapa prosedur yang berbeda dibanding tahun sebelumnya, yakni berkaitan dengan proses UTBK yang bersamaan dengan SBMPTN 2020. Maka, setelah UTBK nilainya tidak diumumkan terlebih dahulu. Tapi nilai akan dipakai untuk proses SBMPTN.

"Peserta diminta cermat dalam memilih prodi. Apakah sudah sesuai dengan kemampuan diri termasuk kesesuaian dengan jurusan di SMA. Ini penting, karena hanya mendapatkan satu kesempatan ikut UTBK. Nantinya peserta tidak boleh mendaftar lagi dan data tidak bisa diubah lagi" tegasnya.

M. Nasih semua peserta menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak bergerombol.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo meminta calon peserta UTBK-SBMPTN mulai melakukan riset program studi (prodi) sebelum mendaftar.  Hal ini agar peserta semakin mengenal dan mantap saat memilih prodi dan perguruan tinggi. Sehingga tidak ada istilah salah jurusan saat masuk dalam pembelajaran di perkuliahan.

Diharapkan, prodi dan perguruan tinggi yang dipilih juga sesuai dengan minat serta kemampuannya. "Nanti pas pendaftaran harus sudah mantap dengan pilihan dua prodi dan dua perguruan tinggi negerinya. Jangan lupa pilih sesuai passion," kata Budi .

Budi juga menjelaskan mengenai aturan baru dalam memilih prodi dan perguruan tinggi di UTBK dan SBMPTN 2020.  Peserta diminta tidak memilih prodi lintas jurusan. 

"Mohon maaf kami sudah menentukan dan memang misalnya yang jurusan IPS saat di sekolah, kemudian memilih kedokteran pun tingkat kegagalannya tinggi, walaupun nilai UTBK-SBMPTN-nya bagus," ujar Budi.

Peserta diingatkan untuk memilih lokasi UTBK-SBMPTN terdekat dengan tempat tinggal masing-masing. LTMPT menyediakan 74 pusat pelaksanaan UTBK-SBMPTN pada tahun ini.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID