Pemerintah Targetkan Bangun NTB dalam 6 Bulan, Tapi DPR Malah Pesimis - RILIS.ID
Pemerintah Targetkan Bangun NTB dalam 6 Bulan, Tapi DPR Malah Pesimis

Selasa | 11/09/2018 20.30 WIB
Pemerintah Targetkan Bangun NTB dalam 6 Bulan, Tapi DPR Malah Pesimis
Anggota Komisi XI DPR RI, Willgo Zainar. FOTO: Dok DPR.

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI, Willgo Zainar, merasa tak yakin kalau upaya rehabilitas dan rekonstruksi pasca-gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakalan kelar dalam waktu enam bulan.

"Kami khawatir, target waktu yang dikatakan Pak Menteri PUPR kira-kira enam bulan hingga Maret 2019 atau sebelum Pemilu. Tapi kok kami pesimis," ujar Willgo dalam siaran persnya, Selasa (11/9/2018).

Beberapa waktu lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, memang mengatakan proses tersebut diperkirakan kelar sebelum perhelatan Pemilu 2019.

Politisi Partai Gerindra ini mengaku, ia melihat langsung proses yang berjalan, mulai dari verifikasi sampai rekonstruksi. Prediksinya akan memakan waktu lama, mengingat terdapat 85 ribu unit rumah warga yang terdampak

Ia juga meminta Pemerintah untuk lebih realistis terhadap rencana membangun rumah tahan gempa dalam bentuk Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) dengan dana sebesar Rp50 juta per rumah.

"Harus ada pertimbangan, jangan sampai dengan jumlah tersebut, tidak memadai untuk anggaran 1 unit Risha," kata dia.

"Selain itu, bisa saja masyarakat yang sudah trauma dengan gempa, sehingga upaya membangun kembali rumah-rumah tersebut tak di tempat awal, tapi di lokasi yang relatif lebih aman," tambah Willgo.

Legislator dapil NTB ini berharap kejelasan ketegasan dari pemerintah terkait kesiapan dan skema dana yang sudah dikabarkan ke publik sebesar Rp4 triliun. Menurunya, ini jangan sampai menimbulkan kesimpangsiuran.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID