Pekerja Asal NTB di Hongkong Doakan Zul Rohmi Menang di Pilkada NTB  - RILIS.ID
Pekerja Asal NTB di Hongkong Doakan Zul Rohmi Menang di Pilkada NTB 
Redaksi KATAKNEWS
Senin | 16/04/2018 22.57 WIB
Pekerja Asal NTB di Hongkong Doakan Zul Rohmi Menang di Pilkada NTB 

RILIS.ID, – RILIS.ID, Hong Kong -  Puluhan pekerja asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Hong Kong menaruh harapan besar agar pemimpin NTB ke depan mampu menekan dan meminimalisir permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, terutama TKI yang berasal dari NTB.

Para pekerja ini menilai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), merupakan pasangan pemimpin yang bisa menjawab harapan para TKI, jika kelak memimpin NTB setelah terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dalam Pilgub NTB 2018.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Dr Zulkieflimansyah, Minggu (15/4), memenuhi undangan para pekerja asal NTB di Hong Kong. Dalam pertemuan itu, para pekerja asal NTB juga mendoakan agar pasangan Zul-Rohmi terpilih sebagai pemenang dalam kontestasi Pilgub tahun ini.

"Kami sangat yakin, Dr Zul dan bu Rohmi (Zul-Rohmi) akan menjadi pemimpin yang mampu menghadirkan solusi bagi permasalahan pekerja NTB di luar negeri," kata Daeng Kombo Manjasus, salah seorang perwakilan pekerja NTB di Hong Kong, saat berdiskusi bersama Dr Zul.

Menurut Daeng, Zul-Rohmi merupakan pasangan yang ideal untuk melanjutkan ikhtiar pembangunan di NTB, pasca kepemimpinan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

Sosok Zulkieflimansyah, papar Daeng, pernah tinggal lama di beberapa negara seperti Australia, Jepang, Swedia, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat, sehingga pasti tahu betul bagimana kondisi masyarakat atau pekerja Indonesia di luar negeri, termasuk para pekerja asal NTB.

NTB hingga saat ini, masih menjadi salah satu dari tiga daerah terbesar pengirim TKI keluar negeri, setelah Jawa Timur dan Jawa Barat. Sebagai daerah kantong TKI, NTB masih menghadapi banyak tantangan terutama permasalahan yang kerap menimpa TKI asal NTB, baik yang bekerja di Malaysia, Timur-Tengah, maupun kawasan Asia.

Daeng menilai, Doktor Zul yang kaya pengalaman di dunia internasional memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah-masalah itu. Ia yakin, masalah-masalah yang dihadapi pekerja NTB di luar negeri akan mudah diselesaikan jika Doktor Zul menjadi Gubernur NTB.

"Pasangan Zul-Rohmi kami yakin juga bisa membangun sistem pelayanan tenaga kerja yang lebih baik lagi di NTB, sehingga warga yang bekerja di luar negeri bisa lebih terjamin baik ketika berangkat, ketika bekerja diluar negeri, hingga pulang membawa harapan dan masa depan untuk keluarga di NTB," katanya.

Daeng menambahkan, sosok Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (SRD) yang menjadi satu-satunya calon perempuan dalam Pilgub NTB mendampingi Dr Zul, menjadi kekuatan tersendiri bagi paket Zul-Rohmi.

Kepekaan sebagai pemimpin perempuan tentu membuat SRD yang juga kakak kandung TGB, akan lebih memperhatikan nasib pekerja asal NTB di luar negeri terutama para pekerja wanita (TKW).

SRD juga merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Wathan. Daeng tidak meragukan kepemimpinan Doktor Rohmi. Sebab, selain menjadi Rektor di Universitas Hamzanwadi, salah satu kampus swasta terbaik di NTB, Rohmi juga pernah memimpin DPRD Lombok Timur.

Ia meyakini betul, Doktor Rohmi akan mampu mengakomodasi harapan dan aspirasi perempuan NTB, lebih khusus para TKW. 

"Kami melihat pasangan nomor urut 3 ini berbeda dengan pasangan lainnya. Dr Zul pernah tinggal lama di beberapa negara di luar negeri, dan berpengalaman menjadi anggota DPR RI selama 3 periode. Sedangkan Dr Rohmi seorang akademisi, pernah menjadi Ketua DPRD Lombok Timur. Kami yakin, dengan pengalaman dan jaringannya, Zul-Rohmi akan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan tenaga kerja NTB di luar negeri. Kami berdo'a semoga Zul-Rohmi memimpin NTB 2018. Kami akan sampaikan ke semua keluarga kami di NTB agar 27 Juni nanti pilih Zul-Rohmi," tegas Daeng. 

Sementara itu, dalam pertemuan dengan para pekerja asal NTB di Hong Kong, Dr Zul menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas undangan para pekerja NTB di Hong Kong. Ia juga mengagumi semangat juang mereka. 

"Teman-teman asal NTB ini luar biasa di Hongkong. Dari Hong Kong mereka meniupkan spirit/ semangat juang yang luar biasa. Mereka berjuang dan banyak berkorban. Sudah saatnya Pemda memperhatikan keluarga-keluarga yang mereka tinggalkan di kampung halaman. Mereka adalah Pejuang. Mereka adalah pahlawan," katanya.

Dr Zul memotivasi para pekerja asal NTB untuk tetap bersemangat dan harus punya cita-cita ke depan. Sebab, tidak selamanya mereka menjadi pekerja di luar negeri. 

Di sinilah peran Pemerintah Daerah ke depan. Bagimana para TKI yang sudah kembali ke kampung halaman dapat mengembangkan dirinya di daerah asal dengan bekal pengalaman kerja selama mereka di luar negeri.

"Mereka banyak belajar tentang banyak hal di luar negeri, dan yang mereka minta sederhana, agar pengalaman yang mereka akumulasikan begitu banyak bisa dioptimalkan oleh Pemda NTB untuk pekerja-pekerja berikutnya," kata Dr Zul. 

Dalam pertemuan itu, para pekerja juga mengusulkan agar Pemerintah NTB bisa menciptakan solusi agar pengurusan tenaga kerja NTB tidak lagi di lakukan di Jakarta atau di Jawa, tapi cukup diurus di dalam daerah NTB saja. 

"Itu merupakan ide yang luar biasa. Walau pun hanya sekejap, senang memenuhi undangan teman-teman pekerja NTB di Hong Kong. Acara yang sederhana dan menakjubkan. Suasana yang sangat meriah dan bersahabat. Terima kasih Hong Kong. Terima kasih atas undangannya teman-teman NTB Hong Kong. Pengalaman luar biasa hari ini. Terima kasih atas ide dan saran luar biasa untuk membenahi pekerja kita ke depan," kata Dr Zul.


Tags
#NTB
#Politik
#Daerah
#Pilkada Serentak 2018
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID