logo rilis
PDIP: Kami Bukan Partai Abal-abal
Kontributor

21 Januari 2018, 05:48 WIB
PDIP: Kami Bukan Partai Abal-abal

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan, menyatakan, pihaknya bukan tak ingin diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagaimana putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, partai-partai yang ada di Parlemen, termasuk PDIP, disebut memiliki sejarah panjang.

"Partai politik yang ada di Parlemen itu, penuh dengan kesejarahan. Kami bukan partai abal-abal, kita punya kesejarahan yang panjang," ujarnya di Jakarta, Sabtu (20/1/2018). Dia lantas mencontohkan dengan pemilihan kepala daerah (pilkada), di mana PDIP selalu melakukan verifikasi semua dimensi terhadap calon yang akan diusungnya.

Putusan MK terkait verifikasi faktual terhadap partai peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 belakangan menjadi polemik. Sebab, KPU bersama sejumlah pihak, seperti DPR dan pemerintah, sepakat tak melakukannya dengan dalih Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dibangun penyelenggara tak ubahnya verifikasi faktual.

Atas keputusan itu, Arteria meminta sejumlah pihak menerimanya sepenuh hati. "Mudah-mudahan semua pihak bisa menerima dengan legowo," harapnya. Meski begitu, dia mengklaim, seluruh partai bakal bersungguh-sungguh menjalankan nilai demokrasi secara arif dan bijaksana.

Di sisi lain, Arteria mengimbau seluruh pihak memberikan kepercayaan penuh terhadap KPU sebagai penyelenggara pesta demokrasi. Dia menyebut KPU sebagai "patriot demokrasi". "Jangan sekali-kali dinodai di depan umum," tuntasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID