logo rilis
Pastikan Napi Tak Terpapar COVID-19, Menkumham Klaim Lakukan Pencegahan Sejak Awal
Kontributor
Nailin In Saroh
01 April 2020, 19:30 WIB
Pastikan Napi Tak Terpapar COVID-19, Menkumham Klaim Lakukan Pencegahan Sejak Awal
Menkumham, Yasonna Laoly. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, memastikan belum ada narapidana yang terpapar virus corona jenis baru (COVID-19) hingga saat ini. Sebab kata dia, lapas telah melakukan langkah pencegahan dini sejak pandemi itu masuk ke Indonesia. 

"Sejak wabah COVID-19 beredar, kami langsung mengambil langkah-langkah pencegahan. Kami menyadari betul bahwa lapas yang overkapasitas kami sadari dampaknya jika ada yang sampai terpapar di lapas," ujar Yasonna saat rapat dengan komisi III DPR secara virtual, Rabu (1/4/2020).

Bahkan, kata dia, Kemenkumham juga melakukan disinfektasi terhadap semua lapas dan rumah tahanan di Indonesia. Serta menerapkan pembatasan secara ketat untuk tidak yang bertamu kecuali melalui video conference.

"Pintu masuk harus melalui spray seluruh tubuh dan wajib memakai masker dan APD seperti sarung tangan, wajib cuci tangan. Kami juga rutin mengeluarkan warga binaan untuk berjemur secara bertahap," jelasnya.

Selain itu, Yasonna menjelaskan, setiap petugas yang masuk wajib melewati protokol ketat COVID-19. 

"Sampai sekarang karena pengaturan ketat, kami doakan semua sampai sekarang belum ada yang terpapar. Karena pintu masuk sudah kami tahan," pungkas politisi PDIP itu.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID