Pasangan Cak Imin-Gatot Dinilai Bisa Jadi Opsi Poros Ketiga - RILIS.ID
Pasangan Cak Imin-Gatot Dinilai Bisa Jadi Opsi Poros Ketiga
Zulhamdi Yahmin
Minggu | 05/08/2018 18.30 WIB
Pasangan Cak Imin-Gatot Dinilai Bisa Jadi Opsi Poros Ketiga
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta – Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Bandung, Firman Manan mengatakan, poros ketiga masih memiliki kemungkinan untuk terwujud di Pilpres 2019. Pasalnya, kata dia, PKS dan PAN hingga saat ini belum memastikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Firman, poros ketiga itu nantinya bisa mengusung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai capres dan berpasangan dengan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Namun, hal itu bisa terjadi bila PKB memutuskan keluar dari koalisi pendukung Joko Widodo. 

"(Cak Imin-Gatot) bisa menjadi salah satu opsi, walaupun peluang untuk hanya terbentuk dua poros koalisi masih terbuka lebar," kata Firman kepada rilis.id, Minggu (5/8/2018). 

Dia menilai, terbentuknya poros ketiga masih memungkinkan lantaran Partai Demokrat secara resmi berkoalisi dengan Gerindra. Sementara PKB, bisa saja merubah keputusannya bila Cak Imin tak dipilih sebagai cawapres Jokowi. 

"Persoalannya adalah paslon yang akan diusung oleh koalisi ini harus yang mampu bersaing dengan paslon lain. Faktor elektabilitas dan logistik tentu juga menjadi pertimbangan," ujarnya. 

Diketahui, PKS dan PAN hingga saat ini belum memutuskan dukungannya kepada Prabowo sebagai capres di Pilpres 2019. PKS hingga kini masih ngotot untuk menjadikan salah satu kadernya sebagai cawapres Prabowo. 

Sementara PAN, baru akan memutuskan capres-cawapres yang akan diusung di Pilpres 2019 melalui rapat kerja nasional (rakernas) yang akan digelar besok, Senin (6/8/2018). 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID