Parpol Dinilai Tak Serius Akomodir Calon Perempuan - RILIS.ID
Parpol Dinilai Tak Serius Akomodir Calon Perempuan

Rabu | 21/02/2018 18.09 WIB
Parpol Dinilai Tak Serius Akomodir Calon Perempuan
Direktur Eksekutif Perludem Titi Anffraini. FOTO: RILIS.ID/Armidis Fahmi

RILIS.ID, Jakarta – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini menyatakan, partai politik masih pragmatis dalam menentukan calon kepala daerah. Menurutnya, parpol tidak serius membuka akses bagi perempuan menjadi calon kepala daerah.

Ia menilai, pertimbangan parpol masih mementingkan kekuatan modal yang tidak dimiliki figur perempuan. Sebab, aspek kekuatan modal dan elektabilitas hanya didominasi kalangan laki-laki.

"Partai masih pragmatis—berorientasi pada aspek elektabilitas dan kekuatan modal. Peluang pencalonan perempuan tertutup oleh dominasi kekuatan modal dan elektabilitas yang mayoritas dimiliki oleh laki-laki," kata Titi dalam diskusi bertajuk 'Mengkritisi Pilkada 2018: Masihkah Afirmasi Keterwakilan Perempuan Mendapat Tempat?' di Kantor KPU, Rabu (21/2/2018).

Perludem mencatat, pilkada serentak 2018 setidaknya akan diikuti oleh 8,85 persen perempuan. Ada 101 perempuan dari 1.140 pendaftar bakal calon kepala daerah. Dari 101 perempuan tersebut 92 calon memenuhi syarat, 6 calon tidak memenuhi syarat, serta 3 calon belum ditetapkan.

Selain faktor itu, Titi menilai, parpol juga tidak membuka akses maksimal agar kader perempuan terakomodasi ke dalam partai. Partai menurutnya, tidak punya pola perekrutan terbuka yang memungkinan kader perempuan bisa berkiprah.

"Kecenderungan ini terjadi karena partai tak punya mekanisme perekrutan anggota yang inklusif dan terbuka. Kaderisasi untuk mempersiapkan perempuan berkualitas dan mempunyai elektabilitas tinggi juga tak berjalan baik," bebernya.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID