logo rilis
Moeldoko Hormat ke Nisan Birgaldo Sinaga: Terima Kasih Pejuang Toleransi dan Kemanusiaan
Kontributor
Segan Simanjuntak
28 Mei 2021, 17:54 WIB
Moeldoko Hormat ke Nisan Birgaldo Sinaga: Terima Kasih Pejuang Toleransi dan Kemanusiaan
Kepala Staf Presiden Moeldoko saat berziarah ke makam Birgaldo Sinaga. FOTO: Instagram @dr_moeldoko

Sudah hampir dua pekan Birgaldo Sinaga berpulang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, namanya masih dikenang baik oleh sejumlah kolega dan pejabat negara.

Salah satunya adalah Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko. Ia bahkan menyempatkan diri untuk berziarah ke makam mendiang Birgaldo Sinaga di Batam, Kepulauan Riau.

Moeldoko mengunggah momen tersebut di akun resmi Instagram miliknya @dr_moeldoko pada Jumat (28/5/2021).

"Terima kasih pejuang toleransi dan kemanusiaan," tulis Moeldoko sebagai caption unggahannya. Moeldoko tampak berziarah bersama istri dan putri sulung Birgaldo, Baby K.

Mantan Panglima TNI ini menuturkan bahwa sosok pria bernama lengkap Birgal Hotmonang Sinaga tersebut telah menjadi inspirasi bagi dirinya dan orang lain.

"Ragamu telah istirahat namun semangat perjuanganmu akan terus menjadi inspirasi bagi kami," katanya.

Sebelumnya, sejumlah pihak menggalang dana atas wafatnya Birgaldo hingga terkumpul sebesar Rp1,5 miliar lebih. Donasi tersebut sudah dikirimkan langsung ke istri mendiang.

Diketahui, Birgaldo Sinaga meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Awal Bros Batam pada Sabtu (15/5/2021) pukul 06.00 WIB.

Semasa hidup, Birgaldo dikenal sebagai relawan korban bom Samarinda, Trinity Hutahaean. Ia juga pernah mendampingi kasus bayi Tiara Debora Simanjorang (4 bulan), yang meninggal dunia karena diduga terlambat mendapatkan penanganan di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

Selain itu, Birgaldo juga sempat aktif membela mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang terlibat kasus penistaan agama. Sebelum wafat, mendiang tercatat sebagai staf khusus Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. (*)


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID