logo rilis
Minim! RSU Gunungsitoli Kekurangan APD untuk Tangani Pasien
Kontributor
Elvi R
02 April 2020, 19:36 WIB
Minim! RSU Gunungsitoli Kekurangan APD untuk Tangani Pasien
APD sedang dibuat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Gunungsitoli— Alat pelindung diri (APD) yang dimiliki Rumah Sakit Umum Gunungsitoli, Sumatera Utara, hingga saat ini sangat minim. Direktur RSU Gunung Sitoli Dr. Julianus Dawolo mengatakan APD sangat dibutuhkan dalam upaya mencegah tenaga medis terpapar virus corona saat mengani pasien.

"Jika ada pasien yang positif COVID-19, penggunaan APD yang berjumlah 175 set bantuan dari provinsi 125 set dan beli sendiri 50 set hanya bisa bertahan selama 6 hari," kata Dr. Julianus Dawolo, di Gunungsitoli, Kamis (2/4/2020).

Dia berharap seluruh kepala daerah yang ada di Kepulauan Nias dapat berperan serta mau ikut membantu RSU Gunungsitoli dengan menyumbang APD.

"Peran serta para kepala daerah se Kepulauan Nias sangat kita harapkan dengan membantu RSU Gunungsitoli menyumbang paling tidak minimal 100 APD per kepala daerah," harapnya.

Ia juga menyampaikan, pihak rumah sakit tidak mau disalahkan jika ada kekurangan dalam penanganan kepada pasien positif COVID-19. Karena tenaga medis harus mengutamakan keselamatan.

"Contoh saja saat ini, stok masker yang ada di RSU Gunungsitoli sudah mulai habis, untuk pelaksanaan operasi kepada pasien saja, kami sudah sangat kewalahan," ungkapnya.

Mengenai ruang isolasi, dia mengungkapkan jika sebagai rumah sakit rujukan di Kepulauan Nias, RSU Gunungsitoli sudah menyiapkan 2 ruang isolasi dengan kapasitas 12 bad.

"Apabila pasien positif Covid 19 membludak kelak, maka ruang isolasi akan kita tambah di lantai III sebanyak 12 ruangan dengan kapasitas 60 tempat tidur," ujarnya.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID