logo rilis
Mentan: Peran Balitbangtan Penting dan Jadi Tumpuan
Kontributor

26 Februari 2021, 15:52 WIB
Mentan: Peran Balitbangtan Penting dan Jadi Tumpuan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo./Foto: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di Jakarta. Dalam kunjungannya, Syahrul melakukan evaluasi sekaligus memberi apresiasi atas apa yang telah dikerjakan oleh Balitbangtan pada tahun 2020 yang lalu.

Dalam apresiasinya, Syahrul menyebut bahwa selama tahun 2020, Balitbangtan telah melakukan fungsinya secara luar biasa.

“Di masa pandemi ini, Litbang punya peran yang sangat penting dan menjadi tumpuan,” ucap Mentan, dilansir dari laman litbang.pertanian.go.id, Jumat (26/2/2021).

Mentan juga menegaskan bahwa Indonesia tidak boleh kalah dengan negara lain, khususnya dalam penyediaan pangan.

“Saya berharap, dalam kondisi saat ini adalah bagaimana makanan tersedia, untuk itu jajaran Litbang harus bisa memfungsikan diri, kalau perlu turun ke lapangan,” jelasnya.

Menurut Mentan, terdapat tiga kata kunci yang melekat pada Balitbangtan, yaitu sains, riset dan teknologi. Dengan riset yang bagus yang didasari dengan sains, serta menggunakan teknologi yang kuat, maka segala tantangan bidang pertanian akan dapat diselesaikan.

“Sinergi dan kebersamaan, baik antara Eselon I ataupun dalam lingkup Litbang harus terus dipupuk. Perbaiki yang kurang dan komunikasikan apa yang menjadi permasalahan, untuk dapat dicari solusinya bersama,” pesan Syahrul.

Dalam melaksanakan setiap tugas dan pekerjaan, Mentan berharap seluruh pegawai kementerian Pertanian untuk menerapkan filosofi CCA yaitu Cepat, Cermat dan Akurat. sehingga seluruh program Kementerian Pertanian akan dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang ada.

“Harus ada akuntabilitas dalam setiap pekerjaan, serta selalu bekerja secara tim, baik pusat maupun daerah,” tegas Syahrul lagi.

Sementara dalam ,laporannya Kepala Balitbangtan menyampaikan berbagai capaian selama tahun 2020, serta beberapa penelitian yang telah memberikan hasil dan siap untuk segera diluncurkan pada tahun 2021 ini. (*)

 

Editor: Andry Kurniawan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID