Mentan: Jaga Sumber Daya Genetik Pertanian Indonesia - RILIS.ID
Mentan: Jaga Sumber Daya Genetik Pertanian Indonesia

Rabu | 15/08/2018 13.30 WIB
Mentan: Jaga Sumber Daya Genetik Pertanian Indonesia
FOTO: Humas Balitbangtan/Andika Bakti

RILIS.ID, Jakarta – Indonesia memiliki kekayaan Sumber Daya Genetik (SDG) yang jumlahnya melampaui negara-negara lain di dunia.

"Menjaga sumber daya genetik ini dari kepunahannya menjadi tanggung jawab bersama, khususnya Kementerian Pertanian," kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Ia juga hadir dalam acara Kongres Sumber Daya Genetik di BB Biogen, Bogor, Selasa (14/8/2108) kemarin.

Menurut Amran, persaingan yang paling ketat di masa yang akan datang salah satunya adalah pangan.

Untuk itu pemerintah memberikan perhatian serius terhadap sumber daya genetik di Indonesia demi kebutuhan generasi yang akan datang.

“Penduduk dunia pada tahun 2043 diperkirakan mencapai 9.3 miliar jiwa. Bisa dibayangkan jika penduduk sebanyak itu namun daya dukung bumi tidak mencukupi, bagaimana kondisi pada 100 tahun kemudian?” kata Amran.

Ia menjelaskan, keberadaan Indonesia di garis Khatulistiwa menjadi salah satu faktor negara ini menjadi subur dan kaya SDG. Jika terjadi kelaparan di belahan dunia. Oleh karena itu, Indonesia akan menjadi salah satu yang diperebutkan kekayaan alamnya, termasuk sumber daya genetik pertaniannya.

“Salah satu daerah perebutan makanan nanti adalah Indonesia. Jika kita tidak kuat, sumber daya genetik kita tidak dijaga dan dibiarkan punah, maka kita akan sulit bersaing,” kata Mentan Amran.

Selain mewajibkan untuk menjaga, Amran juga meminta agar Kementan mampu mengembangkan sumber daya genetik yang saat ini telah dikoleksi.

Sumber daya genetik yang mampu disimpan selama 100 tahun sekali pun tidak akan bermanfaat jika tidak dikembangkan.

“Jangan sampai dijadikan museum ya? Tapi dijaga dan dikembangkan,” tegasnya.

Sumber Andika Bakti


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID