Menguak Fakta dari Grup Hacker Anonymous - RILIS.ID
Menguak Fakta dari Grup Hacker Anonymous
Ning Triasih
Kamis | 18/05/2017 15.19 WIB
Menguak Fakta dari Grup Hacker Anonymous
FOTO: Anonews

RILIS.ID, Jakarta— Kelompok hacker dunia Anonymous kini tengah menjadi perbincangan publik terkait aksinya yang mengancam tim buzzer Ahok lewat sebuah video. Lalu siapa sebenarnya Anonymous itu?

Dilansir Abcnews.go, grup hacker Internasional ini telah terlibat dalam banyak kasus selama bertahun-tahun, termasuk penyerangan internet terhadap pemerintah, perusahaan-perusahaan besar, institusi keuangan dan kelompok agama.

Anonymous pernah menjadi sorotan pada tahun 2008, yakni ketika kelompok ini memblokir situs Web Ilmu Pengetahuan dengan sebuah serangan distribusi denial-of-service, di mana beberapa server komputer diserang dengan permintaan untuk menindas dan mematikannya. Meski tindakan mereka menuai banyak pujian dan dukungan, namun kelompok hacker ini pernah dituntut atas tindakannya ini.

Siapa Anonymous?

Ini adalah kelompok yang tak berbentuk yang bisa berasal dari siapa saja yang ingin menggunakan nama tersebut. Menurut Gregg Housh, seorang aktivis internet menyebut kelompok ini dengan panggilan Anonymous. Housh mengatakan bahwa nama Anonymous dikenal untuk digunakan dan diadopsi oleh siapa saja.

"Tindakan yang mengatakan itu Anda, berarti itu Anda. Begitulah sedikit kontrol yang dimiliki terhadap nama ini," katanya.

Banyak orang menganggap bahwa Anonymous merupakan kelompok yang memanifestasi dunia nyata, yang mewakili demonstrasi di seluruh dunia dengan mengenakan topeng Guy Fawkes yang menjadi ikon untuk menutupi identitas mereka. Orang-orang yang dari kelompok ini menurut Housh bisa berasal dari siapa saja, termasuk wanita, pria, orang tua, muda, anggota pemerintahan, dan orang-orang dari berbagai ras dan kebangsaan.

Apa yang diinginkan Anonymous?

Kelompok ini sebenarnya tidak memiliki tujuan khusus. Namun Anonymous memiliki tujuan untuk memerangi penyensoran, menyalurkan kebebasan berbicara dan mengendalikan pemerintah dari tindakan yang menyimpang. Intinya adalah anti-penindasan.

Bagaimana cara kerja Anonymous? 

Anonymous terkenal giat mengejar targetnya, termasuk menghancurkan atau menodai server web dan membocorkan informasi pribadi.

Misalnya, laporan ABC News pada tahun 2011. Kelompok tersebut diduga menargetkan perusahaan keamanan komputer HPGary dan CEO-nya, mengklaim bahwa perusahaan tersebut akan mengungkapkan rincian anggota Anonymous kepada FBI. Pada saat itu, Anonymous menipu situs web perusahaan tersebut, memasang pesan di situsnya, mendownload ribuan email dan mengendalikan akun Twitter CEO.


Tags
#Info Dunia
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID