Mengintip Kekuatan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul di Pilgub Jabar - RILIS.ID
Mengintip Kekuatan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul di Pilgub Jabar
Sukma Alam
Jumat | 12/01/2018 14.16 WIB
 Mengintip Kekuatan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul di Pilgub Jabar
PPP Beri SK dukungan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul. FOTO: RILIS.ID/Armdis Fahmi

RILIS.ID, Jakarta— Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum resmi mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di KPU Jabar. Survei terakhir pasangan yang dijuluki 'Rindu' ini masih tinggi. 

Hal itu terlihat dalam survei Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (LSID) beberapa waktu lalu. Elektabilitas Emil-Uu 37,1 persen, unggul dari pasangan lainnya.

Melihat kekuatan partai politik di parlemen Jabar, Emil-Uu diusung PPP 9 kursi, PKB 7 kursi, Nasdem 5 kursi, dan Hanura 3 kursi. Uu yang merupakan kader PPP memiliki basis kuat di wilayah Pariangan Timur.

Uu yang merupakan Bupati Tasimalaya lahir dari keluarga persantren. Ayahnya, KH Saleh dan ibunya, Enung Mutmainnah putra dari KH Choer Affandi (alm) pendiri dan pimpinan Pondok pesantren Miftahul Huda Manonjaya. Apalagi pesantren KH Choer Affandi dikenal luas jaringannya di berbagai daerah Jawa Barat.

Prestasi Emil sebagai Wali Kota Bandung terbilang gemilang berbagai penghargaan sudah diraihnya mulai dari nasional hingga internasional. Karena itu, kombinasi Emil-Uu ini dapat dikatakan unggul dari pasangan lain.

Bagaimana dengan wilayah Jawa Barat lainnya?

Sekretasi Bappilu NasDem, Willy Aditya mengatakan, pihaknya kini tengah membangun kekuatan politik untuk memetakan daerah-daerah mana saja yang perlu difokuskan. Menurutnya, hasil survei saat ini Emil-Uu masih unggil dari pasangan lainnya. 

"Hasil survei sudah rata-rata kuat dan pasti di kota Bandung dan kabupaten/kota termasuk Pantura nomor satu. Jadi bentuk struktur partai untuk pemasangan atribut Ridwan Kamil. Kita pasang 'Jokowi Presiden ku, Ridwan Kamil Gubernur Ku'. Kita hajar se-Jawa Barat dan Pantura," ujar Willy kepada rilis.id di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Dia mengungkapkan alasan pihaknya menolak kader Golkar, Daniel Muttaqien lantaran elektabilitas Emil sudah tinggi di wilayah Pantura. "Jadi memang sekarang selain pengaman suara, pesantren kuat. Kita kuatkan struktur partai dan relawan kekuatanya lebih kultur," imbuhnya.


Tags
#Ridwan Kamil
#Uu Ruzhanul
#Pilgub Jabar
#Pilkada serentak 2018
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID