logo rilis
Mengenang Harga Diri Jenderal Besar
kontributor kontributor
Wawan Mattaliu
24 Januari 2018, 16:59 WIB
Pegiat seni dan budaya, bekerja sebagai Anggota DPRD Sulawesi Selatan.
Mengenang Harga Diri Jenderal Besar

MASIKAH kau kenang lelaki ringkih dengan jas yang kedodoran dan kopiah yang tegak tapi bermata tajam? Lelaki yang tubuhnya tak pernah utuh sehat. Cuaca dan gizi yang tak jelas merampas sebahagian hidupnya, tentu saja sikapnya yang tak paham mengalah. Dia terbaring kini di Semaki. Usianya hanya 34 tahun. Singkat, tapi padat.

Jelang natal 1948, pagi, jalan-jalan di Jogja masih lengang. Tapi dingin subuh yang teduh ternyata tak lama. Dari arah Maguwo, serombongan B-25 Mitchell, F-51 Mustang dan P-40L Kitty Hawks datang memuntahkan peluru. Salaknya memangsa mereka yang tak paham apa-apa. Itu pun di susul oleh serombongan tentara dua kompi pasukan elite Korps Speciale Tropen (KST) yang diterjunkan dari perut Dakota.

Baca Juga

Serangan pengecut yang dipimpin Simon Hendrik Spoor itu tak saja melukai, tapi juga melahirkan cerita yang menggetarkan.

Lelaki yang ringkih itu, dadanya bergolak. Hargadirinya buncah. Jahitan diperutnya sisa operasi 8 jam yang lalu tak menghalanginya untuk bangkit. Perintahnya jelas; melawan dengan hargadiri yang tersisa!

Akhirnya 1000 kilometer menjadi perjalanan yang begitu berwarna. Tuberclosis yang mengakut di jantungnya tak menyurutkan sama sekali. Sergapan tentara Belanda dengan mesiu yang tak pernah habis tak menggetarkannya pula.

Tujuh bulan dari satu hutan ke hutan yang lain menjadi tempatnya menyusun sergapan-sergapan yang membingungkan KNIL. Sebelas tandu menjadi saksi tentang begitu berharganya kemerdekaan dan harga diri.

Hari ini semestinya kita mengenangnya, mengenang harga diri dan kebersahajaan. Mengenang sesuatu yang tergerus dari bangsa ini. Mengenang getir dan getar lelaki Purbalingga itu.

Selamat Milad Jenderal Besar.
Selamat berhari jadi Jenderal Soedirman.


#Jenderal Soedirman
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID