logo rilis
Masjid Istiqlal Bersiap 'New Normal', Tempat Ibadah Kamu Bagaimana?
Kontributor
Elvi R
03 Juni 2020, 14:30 WIB
Masjid Istiqlal Bersiap 'New Normal', Tempat Ibadah Kamu Bagaimana?
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta. Foto: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyongsong new normal. Konsep hidup berdampingan dengan virus corona harus memiliki persiapan yang matang. Salah satunya dalam aspek kesehatan. Tidak hanya tempat umum dan pusat keramaian, masjid sebagai tempat ibadah yang bakal dikunjungi banyak orang pun disterilkan dari kuman.

Sejumlah persiapan dilaksanakan, bahkan dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo kemarin, Selasa (2/6/2020). 

Mengenakan kemeja putih dilengkapi masker, Jokowi datang pukul 09:15WIB. Dia didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Dalam tinjauan kepala negara mengatakan, awal Juli rencananya Masjid Istiqlal akan dibuka. 

"Sampai hari ini, saya sudah sampaikan tadi kurang lebih 90 persen renovasi besar selesai. Insya Allah awal Juli bisa dibuka," katanya.

Kendati demikian, pembukaan masjid masih akan menunggu berbagai persiapan, termasuk protokol kesehatan. 

"Keputusannya nanti ada di Bapak Imam Besar. Tentu saja mulai saat ini mulai disiapkan protokol kesehatan. Agar yang melaksanakan shalat semua aman," ujar Jokowi.

Hari ini (3/6/2020) tim rilis.id pun menyambangi masjid terbesar di Asia Tenggara itu. Tim berkesempatan melihat persiapan Masjid Istiqlal dalam menghadapi new normal.

Berikut dokumentasinya.

Mulai dari bagian luar masjid, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (3/6/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan protokol kesehatan jelang dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk umum pada Juli nanti. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta di seluruh bagian masjid hingga ke halaman. Jakarta, Rabu (3/6/2020). Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di selasar Masjid Istiqlal Jakarta, tempat masyarakat biasa menunaikan ibadah atau pun sekedar menikmati suasana masjid. Jakarta, Rabu (3/6/2020). Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Seluruh pintu masuk Masjid Istiqlal disempot desinfektan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Rabu (3/6/2020). Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Bagian dalam atau ruangan inti Masjid Istiqlal pun tak luput dari semprotan desinfektan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Rabu (3/6/2020). Foto: RILIS.ID/Panji Satria.

Tidak satu pun bagian dari masjid dan ruangan Masjid Istiqlal luput dari semprotan desinfektan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Rabu (3/6/2020). Foto: RILIS.ID/Panji Satria.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID